Jakarta (ANTARA) - Perusahaan semikonduktor asal China, MediaTek, dikabarkan tengah bersiap meluncurkan chipset kelas atas generasi terbarunya Dimensity 9400 lebih awal dibandingkan dengan kompetitornya Qualcomm.

MediaTek disebutkan bakal merilis chip tersebut pada pertengahan Oktober 2024 dan lebih cepat dari pola perilisannya dari generasi-generasi sebelumnya.

Kabar ini datang dari laporan Gizmochina, Sabtu (24/8), yang mengutip pembocor teknologi Digital Chat Station lewat unggahan terbaru di akun media sosial Weibo.

Baca juga: MediaTek tingkatkan 30 persen kinerja inti tunggal Dimensity 9400

"Ponsel baru dengan Dimensity 9400 akan dirilis pertengahan Oktober," kata Digital Chat Station dalam unggahan Weibo-nya.

Hal ini sejalan dengan beberapa bocoran baru yang mengungkapkan kehadiran ponsel-ponsel kelas atas seperti OPPO Find X8 dan Vivo X200 yang kabarnya akan menggunakan chip dari MediaTek ini.

Ada pun langkah ini menjadi menarik mengingat biasanya MediaTek merilis prosesor papan atasnya pada kuartal terakhir dalam setahun.

Baca juga: MediaTek siapkan Dimensity 9400 berfokus pada AI

Namun kali ini, Dimensity 9400 diluncurkan lebih cepat mendahului pesaingnya yaitu Qualcomm yang sudah menyiapkan perilisan chip unggulannya Snapdragon 8 Gen 4 pada 21 Oktober 2024.

Hal ini tentu akan berpengaruh pada lanskap penjualan ponsel kelas atas dan akan menarik untuk melihat kelanjutannya setelah perilisan.

Detail spesifik tentang Dimensity 9400 masih langka, bocoran sebelumnya menunjukkan bahwa chip akan dibangun pada proses 3nm untuk meningkatkan kinerja dan masa pakai baterai yang lebih baik.

Baca juga: MediaTek mungkinkan buat video pakai AI lewat Dimensity 9300 dan 8300

Dimensity 9400 digadang akan menampilkan arsitektur CPU yang ditingkatkan dengan Cortex-X925 baru sebagai inti kinerjanya.

Dengan ini, SoC tersebut mungkin memberikan peningkatan hingga 30 persen dalam kinerja inti tunggal dibandingkan pendahulunya.

Selain itu, chip ini juga diklaim mengonsumsi daya 30 persen lebih sedikit daripada chip pesaing generasi sebelumnya yaitu Snapdragon 8 Gen 3 untuk tugas serupa.

MediaTek juga merancang Dimensity 9400 untuk menjadi chip pertama di dunia yang menggunakan memori LPDDR5x 10,7 Gbps secepat kilat dari Samsung. Membuatnya menjadi chip dengan kapasitas memori tercepat di industri saat ini.

Baca juga: MediaTek pamer cipset Chromebook hingga TV Pintar di COMPUTEX 2024

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024