Jakarta (ANTARA) - Perwakilan Indonesia bernama Nayra Novelia Kusuma berhasil mengisi salah satu posisi juara dalam kompetisi menulis surat remaja internasional bertajuk "53rd International Letter Competition for Young People 2024" yang diselenggarakan oleh Universal Postal Union (UPU).

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen PPI Kemenkominfo) Wayan Toni Supriyanto mengatakan prestasi yang disabet Nayra tersebut membuktikan bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi besar dalam ajang internasional untuk membangun masa depan yang lebih baik.

“Prestasi ini membuktikan bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi yang luar biasa dalam bidang literasi dan pemikiran kritis,” kata Wayan dalam keterangannya yang diterima, Minggu.

Baca juga: Indonesia juara dua Kompetisi Menulis Surat Remaja Internasional 2024

Nayra merupakan siswi yang menempuh pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bandung dan berkat karyanya ia berhasil menyabet posisi juara II dalam kompetisi menulis surat remaja yang membawa tema "Tulislah Surat Kepada Generasi Mendatang Tentang Dunia Yang Anda Harap Mereka Warisi”.

Pemilihan tema itu ditujukan untuk mendorong peserta untuk merenungkan tantangan global dan menawarkan solusi inovatif. Melalui suratnya, Nayra berhasil menyampaikan pesan yang inspiratif dan relevan dengan isu-isu terkini baik di Indonesia maupun global.

Gadis muda itu pun berkompetisi dengan 149 perwakilan negara anggota UPU lainnya, dan dengan ratusan pesaing tersebut karya Nayra mampu memikat hati dewan juri yang memberikannya gelar juara.

Baca juga: Kemendikbud gelar lomba tulis surat untuk Mendikbud

“Pencapaian ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Indonesia, sekaligus membuktikan bahwa generasi muda Indonesia memiliki kreativitas dan kemampuan yang luar biasa dalam mengekspresikan pemikiran mereka,” ujar Wayan.

Sebagai bentuk apresiasi UPU, Nayra beserta satu orangtua atau pendamping akan diundang oleh Universal Postal Union untuk menghadiri acara puncak Hari Pos Sedunia pada tanggal 9 Oktober 2024 di Bern, UPU Headquarter.

Dalam acara tersebut, Nayra akan membacakan hasil karyanya dan menerima penghargaan berupa medali perak serta hadiah lain.

Baca juga: Kominfo ajak generasi muda jaga ruang digital

Melihat kesuksesan Nayra, Wayan berharap agar prestasi tersebut bisa menginspirasi generasi muda lain untuk terus berkarya dan berkiprah di ajang kompetisi internasional.

“Kami berharap pencapaian ini dapat menginspirasi lebih banyak lagi anak muda Indonesia untuk aktif berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik,” katanya.

Lebih lanjut, Wayan menceritakan perjalanan Nayra sebelum bisa mengisi posisi juara dari ajang internasional itu. Ia mengatakan pada Maret 2024 sebelumnya gadis muda itu juga ikut dalam kompetisi serupa di tingkat nasional.

Baca juga: PT Pos Indonesia gelar aksi menulis surat

Dalam acara tersebut, Nayra dinobatkan menjadi juara I Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pos, Ditjen PPI Kementerian Kominfo.

“Lomba Menulis Surat Remaja Nasional merupakan salah satu bentuk komitmen Kominfo dalam mendorong minat baca dan menulis di kalangan generasi muda. Selain itu, lomba ini juga bertujuan untuk memperkuat solidaritas antar generasi dalam membangun masa depan yang berkelanjutan,” kata Wayan.

Baca juga: Seribu anak Purbalingga menulis surat untuk Presiden
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024