Beijing (ANTARA) - Beijing akan menggelar pertunjukan lampion spektakuler dalam rangka merayakan liburan Festival Pertengahan Musim Gugur dan Hari Nasional China yang akan datang.

Pertunjukan yang akan menampilkan lebih dari 200 set lampion kreatif dan sekitar 100.000 dekorasi warna-warni itu akan digelar di Beijing Garden Expo Park mulai 14 September hingga 31 Oktober, demikian diumumkan oleh Beijing Tourism Group pada Sabtu (24/8).

Kebiasaan mendatangi pameran lampion saat festival merupakan tradisi yang sudah lama ada dalam budaya China. Lampion-lampion unik yang akan ditampilkan dalam pertunjukan ini dibuat oleh ratusan perajin dari Zigong, sebuah kota di China barat daya yang terkenal dengan sejarah pembuatan lampion.

Shen Hongyue, presiden asosiasi industri lampion kota tersebut, mengatakan bahwa pertunjukan lampion Zigong telah diakui sebagai warisan budaya takbenda nasional. Yang membuat pertunjukan ini istimewa adalah perpaduan antara kesenian lampion tradisional Zigong dan warisan budaya Beijing yang kaya.

Sekitar 70 persen dari lampion yang rencananya akan ditampilkan itu terinspirasi dari elemen-elemen ikonis Beijing, termasuk Poros Tengah (Central Axis) yang bersejarah, pekarangan tradisional, dan budaya rakyat di kota itu, kata Shen.

Selain tontonan visual, acara itu juga akan menghadirkan lebih dari 150 toko khusus dan lebih dari 20 pertunjukan bertema. Para pengunjung juga akan berkesempatan untuk terlibat dalam berbagai kegiatan interaktif seperti lokakarya kerajinan tangan tradisional dan permainan memecahkan teka-teki. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024