Badung (ANTARA) - Koordinator Lapangan Aksi Gerakan Penyelamat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Andi Sutomo mengatakan sebanyak 3.000 massa akan unjuk rasa di hari kedua Muktamar PKB.

“Kurang lebih ada 3.000 massa dari seluruh kader-kader PKB, ada yang dari luar Bali juga, Jawa Timur, Sumatera Utara, Padang, Makassar dan dari lokal Bali sendiri,” kata dia di Kabupaten Badung, Bali, Minggu dini hari.

Andi mengatakan jumlah ini berkali-kali lipat dari aksi yang dilakukan pada hari pertama Muktamar PKB, namun hingga malam hari mereka belum dapat melewati barikade aparat kepolisian bersama pecalang.

Ia menegaskan bahwa tujuan unjuk rasa ini tetap sama yaitu membubarkan Muktamar PKB 2024 dan membawa partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu kembali ke jalan pendirinya yaitu Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Baca juga: Mantan Waketum PBNU: Muktamar buruk melahirkan kepengurusan buruk

Rencananya ribuan massa aksi akan berkumpul di area Lagoon ITDC Nusa Dua, atau pintu masuk utara menuju lokasi utama kongres tertinggi PKB yaitu di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Andi menegaskan bahwa kehadiran mereka bukan untuk mengganggu pariwisata Bali, melainkan hanya ingin haknya sebagai konstituen PKB diberikan.

Maka dari itu massa aksi mencoba memantik situasi yang membuat aparat terpancing dan menyadari bahwa keributan hanya akan mengganggu pariwisata.

“Tetap dijaga atau tidak kami tetap aspirasi, kalau dikasi ruang justru lebih aman karena toh kita hanya menyampaikan aspirasi sebagai kader simpatisan, kalau dikasi ruang kan lebih aman,” kata dia.

Baca juga: Sejumlah kader PKB rancang muktamar ulang bulan September

Sebelumnya, Kepala Polresta Denpasar Kombespol Wisnu Parabowo usai membubarkan massa hari pertama menyampaikan dengan pasti bahwa hari kedua tetap akan dilakukan pengawalan.

Polisi berencana mengawal aksi ini hingga Muktamar PKB 2023 di Bali selesai, sebab ITDC adalah kawasan pariwisata dan objek vital yang tidak boleh terganggu.

“Intinya kami dari pihak pengamanan tidak memberikan masuk, karena kami di dalam operasi ini berada di ring III dan ring II seperti saat tadi ini kegiatan dibuka oleh wakil presiden yang di dalamnya ada Paspampres, jadi tidak ada satu pun diizinkan untuk ada perwakilan masuk,” ujarnya.

Baca juga: Wapres: Kiprah politik dan demokrasi sedang disorot publik
Baca juga: Pansus PBNU putuskan ajak PKB kembali ke Khittah 1998

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024