Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menegaskan partainya akan terus mendukung Prabowo Subianto dan tidak akan pindah ke lain hati.

"PAN selalu mendukung Pak Prabowo dalam kontestasi pilpres selama tiga kali, tanpa pernah pindah ke lain hati. Kami tahu Bapak seorang patriot, pejuang sejati, saya beri tahu teman-teman, Pak Prabowo itu bukan hanya tangguh, tapi beliau itu sangat tangguh," kata Zulkifli saat penutupan Kongres ke-6 PAN di Jakarta, Sabtu.

Zulkifli juga mengatakan kader PAN dan kader Partai Gerindra, yang diketuai oleh Prabowo Subianto, adalah bagaikan saudara yang telah berjalan bersama melewati tiga Pemilu.

"Pak Prabowo, kami kader PAN dan Gerindra telah menyatu, PAN ya Gerindra, Gerindra ya saudaranya PAN. Kita telah berjuang 15 tahun," ujarnya.

Zulhas pun kemudian membacakan pantun yang menggambarkan jejak sejarah perjalanan PAN dan Gerindra serta harapan kedua partai tersebut bagi Indonesia.

Pergi berwisata bersama pandowo
Ke pantai nan indah penuh burung elang
PAN bersama Pak Prabowo
Mewujudkan Indonesia emas nan cemerlang

Baca juga: Zulhas respons kelakar Jokowi soal menteri PAN ditambah pada era Prabowo

Zulkifli Hasan, yang kini menjabat Menteri Perdagangan, secara aklamasi terpilih kembali sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2024–2029 lewat Kongres Ke-6 PAN.

Wakil Ketua Umum DPP PAN sekaligus Ketua Steering Committee Kongres Ke-6 PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan Penetapan ketua umum DPP PAN terpilih itu sudah melalui sidang pleno satu sampai pleno enam.

"Jadi dalam penetapan pleno ke-5 itu, karena ini adalah calon tunggal, segala keputusan di kongres menjadi institusi pengambilan keputusan tertinggi," ujarnya.

Oleh karena itu, Zulkifli Hasan (Zulhas) secara aklamasi ditetapkan menjadi Ketua Umum DPP PAN periode 2024–2029.

Baca juga: Aklamasi, Zulhas kembali menjadi Ketua Umum PAN periode 2024–2029

"Secara aklamasi, bulat, mufakat, dan seluruh peserta dari 38 DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) dan 514 DPD (Dewan Pimpinan Daerah) yang telah mengusulkan dukungannya menyatakan setuju," jelas Viva.

Sebelumnya, Viva mengatakan DPW dan DPD PAN se-Indonesia sepakat mengusung Zulhas untuk menjadi ketua umum lagi.

Sebanyak 38 DPW dan 514 DPD sepakat bulat mendukung Zulhas menjadi Ketua Umum DPP PAN periode 2024–2029.

"Saudaraku Bang Zulhas telah tanda tangan di atas meterai. Dengan demikian, sah sebagai calon ketum yang nanti akan dipilih secara aklamasi, secara mufakat, bulat, tidak lonjong," ujarnya.

Baca juga: Zulhas targetkan PAN raih posisi ketiga pada Pemilu 2029

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024