Jakarta (ANTARA) - Persija Jakarta jaga rekor positif saat bermain di kandang setelah meraih kemenangan atas Persis Solo 2-1 pada pertandingan ketiga Liga 1 yang berlangsung di Jakarta International Stadium, Jakarta, Sabtu malam.

Dua gol Persija diborong oleh mantan pemain Persis Solo, Ryo Matsumura yang masing-masing dicetak pada menit ke-62 dan ke-74, sementara satu gol Persis Solo dicatatkan oleh Moussa Sidibe pada menit ke-56.

Berstatus sebagai tuan rumah, Macan Kemayoran langsung mengambil inisiatif menyerang sejak menit awal. Namun barisan pertahanan Laskar Sambernyawa yang begitu rapat membuat tim asuhan Carlos Pena tersebut cukup kesulitan membongkar pertahanan hingga 10 menit awal pertandingan.

Baru pada menit ke-11, Ryo memperoleh ruang tembak namun tembakannya masih belum mampu membahayakan gawang Persis Solo yang dijaga oleh Gianluca.

Praktis meskipun Persija terus mendikte permainan namun hingga babak pertama berakhir skor imbang tanpa gol tetap terjaga.

Baca juga: Persija Jakarta waspadai penuh rasa "lapar" kemenangan Persis Solo

Macan Kemayoran yang mendominasi laga justru memperoleh petaka Ketika Rizki Ridho yang mencoba menghentikan pergerakan Ramadhan Sananta di dalam kotak penalti tangannya mengenai bola liar.

Wasit lalu menunjuk titik putih. Sidibe yang menjadi algojo pun tak menyia-nyiakan peluang untuk membawa Persis Solo unggul 1-0 dan menjadi gol perdana Laskar Sambernyawa di tiga pertandingan terakhir Liga 1 kali ini.

Dalam kondisi tertinggal, Persija bermain lebih agresif dengan memanfaatkan umpan satu dua sentuhan di sektor sisi sayap. Hasilnya berbuah pada menit ke-62 usai Ryo Matsumura menyambar bola liar hasil sepakan kurang sempurna Gustavo Almeida, yang tak mampu diantisipasi oleh Gianluca. Skor imbang 1-1.

Baca juga: Persis Solo akan benahi kekurangan jelang hadapi Persija Jakarta

Ryo seekan menjadi mimpi buruk bagi Persis malam ini. 12 menit berselang, melalui kerja sama apik di sektor kiri pertahanan Persis, Ryo melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang tak dapat dibendung Gianluca. Persija unggul 2-1.

Hingga wasit meniup peluit tanda akhir pertandingan, Macan Kemayoran unggul 2-1 dan mengamankan poin penuh di kandang.

Dengan hasil ini membuat Persija menjaga keangkeran JIS, setelah pada pertandingan kandang perdana menang atas Barito Putera dengan skor 3-0. Tambahan tiga poin juga membuat Persija saat ini memuncaki klasemen sementara dengan tujuh poin.

Sementara itu Persis berada di peringkat ke-17 usai belum pernah sekali pun meraup poin dari tiga pertandingan perdana.

Susunan pemain

Persija Jakarta (3-4-2-1) : Carlos Eduardo (PG); Muhammad Ferarri, Ondrej Kundela, Rizki Ridho; Ramon Bueno, Maciej Gajos, Witan Sulaeman, Firza Andika; Ryo Matsumura, Riko Simanjuntak, Gustavo Almeida.

Persis Solo (4-3-3) : Gianluca Pandeynuwu; Irfan Jauhari, Eky Taufik, Sutanto Tan, Ricardo Lima; Gonzalo Andrada, Ricardo Lima, Sho Yamamoto; Ricardo Regis, Moussa Sidibe, Ramadhan Sananta

Baca juga: Jadwal pekan ketiga Liga 1 Indonesia: tersajinya beberapa partai besar

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024