Kabupaten Badung, Bali (ANTARA) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa  (PKB) Muhaimin Iskandar mengharapkan muktamar partainya berjalan lancar usai dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Insyaallah semua lancar, dan tentu terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya muktamar hari ini,” kata pria yang akrab disapa Cak Imin itu usai pembukaan Muktamar PKB di Bali Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu.

Baca juga: Wapres resmikan pembukaan Muktamar VI PKB di Bali

Baca juga: Wapres sebut PKB gerakan politik kiai dengan kepentingan bangsa-negara


Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa seluruh peserta Muktamar PKB hadir, termasuk para ulama sepuh yang berasal dari Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa.

Ia menjelaskan bahwa Muktamar PKB menjadi forum tertinggi untuk menentukan pilihan PKB selama lima tahun ke depan, baik ketua umum hingga koalisi.

“Tentu saya menyerahkan sepenuhnya kepada DPC-DPC, yang penting bagi saya yang paling jangka pendeknya adalah laporan pertanggungjawaban saya lima tahun ini tidak cacat, diterima, itu yang paling penting. Nanti selanjutnya, ya, nanti kami diskusikan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa sikap politik PKB akan dibahas dalam muktamar, meskipun Musyawarah Kerja Nasional PKB telah memutuskan partainya bergabung dalam koalisi pemerintahan selanjutnya, yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Muktamar PKB dilaksanakan selama 24-25 Agustus 2024. Muktamar PKB dibuka oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dan presiden terpilih Prabowo Subianto akan hadir di penutupan pada Minggu (25/8).

Sekretaris Organizing Committee Muktamar VI PKB Zainul Munasichin mengatakan bahwa jumlah peserta muktamar mencapai 2.888 peserta.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2024