Sentani (ANTARA News) - Pencoblosan Pemilihan Umum Legislatif di Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu, diwarnai hujan deras sejak pagi.

Hingga berita ini diturunkan pun hujan masih terus turun membuat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kabupaten Jayapura sepi warga meskipun waktu sudah menunjukkan pukul 09.00 WIT (Waktu Indonesia Timur).

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kelurahan Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura Amelia Ondi mengatakan, di TPS 01 tempatnya mengawas sejak pukul 06.30 WIT petugas sudah siap, namun hingga pukul 09.00 WIT belum ada warga yang mencoblos.

"Hujan turun sejak subuh dan belum berhenti hingga saat ini, sepertinya ini yang membuat warga enggan keluar rumah untuk mencoblos," ujarnya di Sentani.

Menurut dia, sebelumnya sudah banyak isu yang membuat warga enggan mencoblos, namun telah diklarifikasi oleh pemerintah Kabupaten Jayapura dan pihak kepolisian setempat.

"Isu sudah dapat diantisipasi, ternyata hujan yang membuat warga tidak aktif berpartisipasi," ujarnya.

Ia menambahkan, jika dibandingkan dengan pencoblosan kepala daerah tahun lalu, partisipasi warga lebih banyak atau tinggi dibandingkan dengan pencoblosan di pemilihan umum legislatif (pileg) kali ini.

"Saya berharap hingga waktu yang ditentukan, warga yang berada di TPS 01 sudah menggunakan hak pilihnya," ucapnya.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014