Mengusung tema "Bergandengan Tangan untuk Memajukan Modernisasi dan Membangun Komunitas Tingkat Tinggi China-Afrika dengan Masa Depan Bersama" (Joining Hands to Advance Modernization and Build a High-Level China-Africa Community with a Shared Future)
Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping akan menghadiri upacara pembukaan KTT Forum Kerja Sama China-Afrika (FOCAC) 2024 pada 5 September di Beijing dan menyampaikan pidato utama, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying, Jumat (23/8).

Mengusung tema "Bergandengan Tangan untuk Memajukan Modernisasi dan Membangun Komunitas Tingkat Tinggi China-Afrika dengan Masa Depan Bersama" (Joining Hands to Advance Modernization and Build a High-Level China-Africa Community with a Shared Future), KTT FOCAC 2024 akan diselenggarakan pada 4-6 September 2024.

"Setelah KTT FOCAC Beijing 2006, KTT FOCAC Johannesburg 2015, dan KTT FOCAC Beijing 2018, KTT mendatang merupakan reuni bahagia lainnya dari keluarga China dan Afrika yang bersahabat. Ini juga merupakan acara diplomatik terbesar yang diselenggarakan oleh China dalam beberapa tahun terakhir dan dihadiri oleh sebagian besar pemimpin asing," kata Wakil Menteri Luar Negeri China Chen Xiaodong dalam konferensi pers pada Jumat.

Banyak pemimpin Afrika, bersama dengan ketua Komisi Uni Afrika, akan memimpin delegasi ke KTT tersebut. Chen mengatakan bahwa Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan menjadi tamu istimewa, dengan organisasi internasional dan regional terkait juga akan berpartisipasi sebagai pengamat.

Menurut Chen, KTT tahun ini akan menghadirkan jamuan selamat datang, upacara pembukaan, dan empat pertemuan tingkat tinggi tentang tata kelola negara, industrialisasi dan modernisasi pertanian, perdamaian dan keamanan, serta kerja sama berkualitas tinggi Sabuk dan Jalur Sutra. Agenda KTT tersebut juga mencakup konferensi pengusaha China-Afrika ke-delapan dan berbagai kegiatan terkait lainnya.

Dalam pidato utamanya, Presiden Xi akan menguraikan gagasan dan usulan baru untuk membangun komunitas tingkat tinggi dengan masa depan bersama antara China dan Afrika serta mengumumkan tindakan dan langkah baru bagi kerja sama praktis dengan Afrika, menurut Chen.

Dia menambahkan bahwa KTT itu juga akan mengadopsi dua dokumen hasil, termasuk deklarasi dan rencana kerja, untuk membangun konsensus utama antara kedua pihak dan memetakan jalan bagi implementasi kerja sama berkualitas tinggi China-Afrika dalam tiga tahun ke depan.

Chen menuturkan bahwa sejak pembentukan FOCAC 24 tahun lalu, terutama di era baru, FOCAC selalu berpegang pada prinsip konsultasi ekstensif, kontribusi bersama, dan manfaat bersama. FOCAC telah menorehkan pencapaian luar biasa, serta menjadi ciri khas menonjol dari kerja sama China-Afrika, dan contoh yang baik untuk meningkatkan kerja sama internasional dengan Afrika dan memperdalam kerja sama Global South.

Chen mengungkapkan bahwa KTT tahun ini akan membentuk konsensus luas antara kedua pihak untuk mengatasi tantangan dan menciptakan platform untuk berbagi peluang pembangunan.

Menurutnya, China akan menganggap KTT ini sebagai kesempatan penting untuk bergandengan tangan dengan Afrika dalam perjalanan modernisasi baru, mengangkat komunitas China-Afrika dengan masa depan bersama, dan menuliskan babak baru untuk persahabatan antara masyarakat China dan Afrika, sekaligus menghasilkan momentum yang kuat untuk memajukan modernisasi global. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024