“Siapa pun yang meremehkan PKB sebagai partai yang gampang diadu domba dan goyah, saya mau sampaikan asumsi itu salah karena kami kompak bersatu,” ujar Muhaimin.
Badung (ANTARA) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan Muktamar VI PKB tahun 2024 sengaja digelar di Bali sebagai hadiah agar kader partainya dapat berlibur setelah mengikuti kontestasi Pemilu 2024.

“Muktamar kali ini sekaligus syukuran atas berbagai nikmat dan kemenangan yang diperoleh PKB (tahun) 2024. Ketika ditanya kenapa di Bali tentu jawabannya aspirasi yang ingin sekali liburan setelah kerja keras panjang,” kata Muhaimin dalam pembukaan Muktamar VI PKB di Kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu.

Muhaimin mengatakan keberhasilan pertama yang patut disyukuri adalah suksesnya konsolidasi partai dalam lima tahun terakhir.

Menurut dia, hal itu berjalan berkat solidaritas para pengurus dan kader, sehingga turut menjawab pernyataan yang menganggap PKB mudah goyah.

“Siapa pun yang meremehkan PKB sebagai partai yang gampang diadu domba dan goyah, saya mau sampaikan asumsi itu salah karena kami kompak bersatu,” ujarnya.

Baca juga: Presiden tidak hadiri Muktamar VI PKB di Bali

Kesuksesan kedua menurut Muhaimin adalah munculnya PKB dalam kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, yaitu dirinya maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan.

Menurut dia, keikutsertaan PKB dalam Pilpres 2024 menjadi pemantik semangat para kader di tahun ini. Semangat tersebut berlanjut hingga berhasil mengantarkan banyaknya kader PKB sukses di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 khususnya DPR RI.

Muhaimin menilai semua capaian tersebut berkat kerja keras para pengurus, kader, dan simpatisan PKB yang patut disyukuri.

“Kami bersyukur bahwa dalam Pemilihan Legislatif 2024 penuh tantangan bahkan ada yang bilang pemilihan legislatif ini 'neraka jahanam', banyak yang tidak sampai, tapi Alhamdulilah justru kita tambah banyak kursinya di DPR,” ujarnya.

Oleh karena itu menurut dia, Muktamar VI PKB 2024 tidak hanya dinilai sebagai kongres tertinggi partai namun juga syukuran bagi keberhasilan PKB di Pemilu 2024.

Diketahui, Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara resmi membuka Muktamar VI PKB 2024 berlangsung 24-25 Agustus 2024 di Bali Nusa Dua Convention Center, Badung, Sabtu malam.

Baca juga: Wapres resmikan pembukaan Muktamar VI PKB di Bali

Baca juga: PKB: Muktamar VI betul-betul anugerah

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024