Bibit cabai yang kami siapkan sangat besar untuk mendukung program pengendalian inflasi dan ketahanan pangan daerah
Biak (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Biak Numfor, Papua pada 2024 menyiapkan bibit tanaman cabai untuk membantu warga asli orang Papua (OAP) di kampung agar ikut berperan membantu pengendalian inflasi.

"Bibit cabai yang kami siapkan sangat besar untuk mendukung program pengendalian inflasi dan ketahanan pangan daerah," ujar Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Immanuel Naap di Biak, Sabtu.

Ia mengatakan, penanaman bibit cabai disebar Dinas Pertanian di sejumlah kampung dan distrik hingga bulan belakangan ini.

Bahkan di sejumlah lokasi penanaman cabai, lanjut dia, ada yang sudah siap dipanen oleh  petani setempat untuk dijual ke pasar.

Immanuel berharap, dengan adanya bibit tanaman yang dibagi ke petani orang asli Papua dapat tumbuh dan bisa dipanen hasilnya untuk dijual.

"Dengan hasil panen tanaman cabai bisa menghasilkan uang bagi petani dan keluarganya di kampung," katanya.

Kadis Pertanian Immanuel berharap, petani OAP di kampung-kampung untuk memanfaatkan lahan kebun dengan menanam cabai.

Diakui Immanuel, dari hasil pemantauan di pasar setiap hari kebutuhan cabai untuk konsumsi masyarakat terus mengalami peningkatan.

"Suplai produksi cabai petani Biak diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan lokal sehingga dapat mencegah pengendalian inflasi daerah di Kabupaten Biak Numfor," katanya.

Hingga, Sabtu (24/8) sejumlah petani di kampung menanam cabai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di pasar lokal.

Baca juga: Disperkim Biak alokasi dana otsus Rp1,6 miliar rehab rumah OAP
Baca juga: Dana otsus Dinsos Rp1,7 miliar bantu 100 lansia OAP di pulau Numfor

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024