Penghargaan tersebut berupa Bendera Emas, Sertifikat Emas dan Sertifikat Perak atas komitmen perseroan dalam implementasi SMK3
Surabaya (ANTARA) - Subholding PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) meraih 10 penghargaan ketenagakerjaan tahun 2024 dalam Naker Fest 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengenai Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi (SMK3).

“Penghargaan tersebut berupa Bendera Emas, Sertifikat Emas dan Sertifikat Perak atas komitmen perseroan dalam implementasi SMK3,” kata Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas Widyaswendra di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Widyaswendra mengatakan penghargaan ditujukan kepada setiap terminal yang dikelola perusahaan dan telah memenuhi kriteria Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 26 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Penilaian Penerapan SMK3.

Ia menyebutkan terdapat satu terminal yang memperoleh Bendera Emas dan Sertifikat Rmas yakni Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan sedangkan terminal yang mendapat penghargaan Sertifikat Perak adalah TPK Perawang dan TPK Tarakan.

Penghargaan lain adalah Sertifikat Emas yang diberikan kepada TPK Ambon, TPK Banjarmasin, TPK Kupang, TPK Sorong, TPK Pantoloan, TPK Jayapura dan TPK Kendari.

Baca juga: Pelindo fasilitasi pelatihan ESG lima SMK pelayaran di Jakarta

Baca juga: Pelindo tanam 632 bibit terumbu karang demi konservasi lingkungan


Widyaswendra memastikan komitmen perusahaan untuk terus berusaha agar lebih banyak lagi terminal atau unit kerja di lingkungan PT Pelindo Terminal Petikemas yang menerima penghargaan K3 ini.

“Sebagaimana kita ketahui tantangan dalam hal K3 ini semakin hari semakin berkembang seiring dengan kemajuan industri,” ujarnya.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan Naker Fest 2024 berfungsi sebagai etalase besar yang memberikan informasi dan layanan ketenagakerjaan yang strategis dalam konteks reformasi tata kelola pasar tenaga kerja Indonesia.

"Alhamdulillah seluruh perusahaan yang mendapatkan penghargaan dipastikan tidak ada yang melakukan pemutusan hubungan kerja sepanjang 2024," kata Ida.

Baca juga: Pelindo: IKN dongkrak kinerja Pelabuhan Tanjung Perak 14,8 persen

Baca juga: SPMT-Pelindo kolaborasi lestarikan lingkungan hingga pemberdayaan UMKM

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024