Jakarta (ANTARA) - Presiden Direktur E-commerce Tokopedia dan TikTok Melissa Siska Juminto mengatakan Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya membantu lebih banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal memanfaatkan digitalisasi dalam memasarkan produk agar kian berkembang.

"Awal mula Tokopedia yaitu memang untuk memeratakan ekonomi secara digital. Jadi para merchant dan lokal ini memang tujuan kita untuk bisa mereka itu berkembang, berhasil melalui platform Tokopedia dan juga ShopTokopedia," ujar Melissa di Jakarta, Sabtu.

Melissa mengatakan Tokopedia dan ShopTokopedia berupaya membantu lebih banyak pelaku usaha khususnya UMKM lokal untuk memaksimalkan pemanfaatan konten video, termasuk live streaming untuk membangun jenama, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan.

Baca juga: Tokopedia bantu UMKM lokal bangun bisnis untuk ciptakan lapangan kerja

Baca juga: Shop Tokopedia Mall meluncur dorong kemajuan pelaku usaha


Dia mengungkapkan penjual yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir tujuh kali lipat.

Hal tersebut melatarbelakangi pihaknya mengadakan sederet pelatihan untuk membuat penjual makin fasih membuat konten video promosi.

"Kami pun mencetak lebih banyak kreator konten sekaligus afiliator muda yang bisa membantu promosi produk dari UMKM lokal, misalnya melalui program seperti Creators Lab," ucap Melissa.

Tokopedia dan ShopTokopedia, kata dia, juga telah berkolaborasi dengan pemerintah untuk mempromosikan produk lokal melalui live shopping.

Di sisi lain, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan beragam program pemberdayaan seperti membantu petani kopi meningkatkan kualitas dan nilai jual biji kopi.

Pada Juli 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia mengedukasi 1.000 petani kopi di Lahat, Sumatra Selatan. Selain itu, pemberdayaan perajin batik melalui dukungan dari hulu ke hilir, mulai dari pemberian mesin cetak dan pengering, desain baru, promosi digital menyeluruh, hingga akses ke pinjaman modal.

Sejak Januari 2024, kampanye ini telah memberdayakan lebih dari 550 perajin batik di Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan, di mana 50 persennya bergabung dengan ShopTokopedia.

Melissa mengatakan saat ini sudah ada jutaan penjual baik di Tokopedia maupun ShopTokopedia yang mayoritas UMKM. Tokopedia dan ShopTokopedia menargetkan untuk mendigitalisasi sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia.

"Ini ditujukan agar lebih banyak lagi pelaku usaha, yang bisa merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online, serta memajukan dan mengembangkan bisnis di era digital," pungkas dia.

Hari ini, Tokopedia bersama ShopTokopedia merayakan hari ulang tahun ke-15 dengan menggelar Festival Beli Lokal untuk memperkuat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal.

Festival yang digelar pada 24-25 Agustus 2024 di Plaza Timur, Senayan, Jakarta ini menghadirkan ratusan merek lokal dari beragam industri dan wilayah di Indonesia, pengalaman belanja online-to-offline, serta penampilan sejumlah musisi tanah air.

Baca juga: Tokopedia latih UMKM batik jadi konten kreator untuk naikkan penjualan

Baca juga: Apindo nilai restrukturisasi pascamerger di TikTok-Tokopedia hal wajar

Baca juga: Tokopedia gelar kampanye Coffee Fest dukung industri kopi di Indonesia


 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024