Surabaya (ANTARA) - Ketua sementara DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengingatkan supaya kinerja anggota DPRD Surabaya, Jawa Timur harus semakin meningkat dan juga sinergisitasnya semakin diperkuat.

"Saya mengamati banyak di antara anggota dewan baru ini adalah anak-anak muda. Ini menjadikan lembaga Dewan lebih berenergi. Harus makin meningkat kinerja kami sebagai lembaga legislatif," kata Ketua sementara DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono di sela pelantikan 50 anggota DPRD Surabaya periode 2024-2029 di Gedung DPRD Surabaya, Sabtu.

Baca juga: Ketua DPRD Surabaya ingatkan anggotanya genjot kinerja pascaIdul Fitri

Ia mengatakan, anggota parlemen di tingkat Kota Surabaya ini akan menjalankan tugas legislasi, pengawasan, dan penganggaran dimana arah pembangunan Surabaya ke depan juga sangat ditentukan wakil rakyat ini.

"Dari 50 anggota DPRD yang dilantik itu, hampir separo yakni 23 anggotanya adalah wajah baru. Bahkan wajah-wajah baru ini masih berusia muda. Ada beberapa yang masih berusia di bawah 30 tahun. Bahkan ada juga yang masih belia usia 23 tahun," katanya.

Baca juga: Fraksi PKS: Kinerja SDM Pemkot Surabaya perlu ditingkatkan

Adi yang juga akrab disapa Cak Awi ini mengatakan, tugas utamanya sebagai pimpinan sementara yaitu mengkoordinasikan seluruh anggota untuk melakukan berbagai pembahasan DPRD Surabaya supaya tuntas. Misalnya saja terkait pembuatan tata tertib DPRD Surabaya, pembentukan AKD (alat kelengkapan dewan), dan lainnya.

Rapat paripurna pelantikan dewan itu dihadiri semua anggota dewan terpilih dan anggota dewan yang tidak terpilih kembali. Hadir pula seluruh pimpinan DPRD periode 2019-2024.

Yakni Wakil Ketua Laila Mufidah (PKB), Wakil Ketua A Hermas Thony (Gerindra), dan Reni Astuti (PKS). Rapat paripurna itu juga dihadiri Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Armuji dan para Forkompimda.

"Yang pasti kita tingkatkan sinergitas DPRD Surabaya dengan pemerintah kota, wali kota, wakil wali kota dan seluruh pemangku kepentingan di Kota Surabaya," katanya.

Baca juga: PDIP Surabaya: Kinerja Risma bagus sehingga tak perlu pansus COVID-19

Untuk itu, kata dia, dibutuhkan komunikasi yang baik, lancar dan bisa memecahkan berbagai persoalan di masyarakat. Semua harus dicarikan solusi bersama dengan mengedepankan kepentingan yang lebih besar. Harus terus dijalin komunikasi yang berguna untuk pembangunan kota.

Adi mengakui bahwa DPRD periode lalu masih belum sepenuhnya tugas kedewanan bisa dituntaskan. Ada sejumlah Raperda (rancangan peraturan daerah) yang belum selesai. Nantinya akan dituntaskan oleh para anggota dewan dalam periode ini.

"Salah satunya adalah Raperda RTRW (Rencana tata ruang tata wilayah). Raperda penting ini akan menjadi salah satu fokus ke depan. Mengingat rencana pembangunan jangka menengah dan panjang daerah terus bergulir," katanya.

Baca juga: Kinerja Pemkot Surabaya tidak terganggu meski Wali Kota Risma sakit

Ia berpesan kepada para anggota dewan yang baru pertama kali dilantik agar dapat menyesuaikan diri dan berkontribusi menjalankan fungsi dewan. Sesuaikan diri dengan irama dan ritme yang ada.

"Mari kita bersama-sama mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas kinerja di DPRD Surabaya, dalam rangka untuk menjalankan tugas dan fungsi-fungsi dewan. Yakni fungsi legislasi, pengawasan dan juga anggaran," ucapnya.

Baca juga: DPRD apresiasi kinerja Risma tuntaskan laboratorium swab gratis

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengucapkan selamat kepada para anggota dewan yang baru saja dilantik dan memberi ucapan langsung bersama seluruh pejabat Pemkot Surabaya.

Eri berharap, ke depan para anggota dewan ini bisa melanjutkan kolaborasi dan sinerginya untuk masyarakat, serta memberi yang terbaik bagi masyarakat.

"Insya Allah teman-teman dewan bisa terus kolaborasi dan bersinergi. Mewakili jajaran Pemkot dan warga Surabaya, kami sampaikan terima kasih kepada seluruh DPRD tahun 2019-2024 yang sudah menjalankan tugas luar biasa. Surabaya bisa seperti ini karena mereka," kata Eri.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024