Tasikmalaya, Jawa Barat (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Mobilitas Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Rifat Sungkar mengatakan Indonesia masih membutuhkan banyak ajang balap yang dipadukan dengan bidang hiburan untuk menumbuhkan minat generasi muda terhadap olahraga otomotif.

"Indonesia itu masih butuh ajang-ajang sport balap yang dipadukan dengan enterainment karena kita masih ketinggalan soal itu," ujar Rivat Sungkar pada ajang balap drag motor dan mobil Pertamax Turbo Drag Fest 2024 sesi ketiga di Pangkalan Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu.

Ia mengatakan, banyak ajang olahraga otomotif diselenggarakan di Indonesia, namun kebanyakan untuk orang dewasa atau orang tua sehingga anak-anak mereka tidak mendapatkan momentum untuk menumbuhkan minat terhadap otomotif.

Momentum itu, kata dia, sebenarnya dapat diciptakan dengan memadukan ajang balap dengan hiburan sehingga menarik minat anak-anak untuk ikut menyaksikan.

"Kan (dalam ajang balap) waktu menunggu banyak, sehingga anak-anak jadi betah, siapa tahu jadi terinspirasi menjadi pembalap di masa depan," ujarnya.

Baca juga: IMI: Ajang Pertamax Turbo Drag Fest momentum hidupkan kelas 402 meter

Rifat mengatakan, perpaduan ajang balap dan hiburan itu kerap ia saksikan saat berkeliling dunia untuk mengikuti kompetisi balap reli, yang menurutnya bisa menjadi contoh untuk ajang-ajang di Indonesia.

Ia mengatakan, IMI mendorong perpaduan tersebut yang mulai dilakukan pada ajang balap lintasan lurus Pertamax Turbo Drag Fest 2024 dari PT Pertamina Patra Niaga yang bermitra dengan IMI sebagai penyelenggara.

Ajang balap itu digelar sebanyak tiga seri yang dimulai dari seri pertama di Lapangan Udara Cicangkal, Bogor pada 13-14 Juli, dilanjutkan seri kedua pada 27-28 Juli dan seri ketiga 24-25 Agustus di Pangkalan Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, dengan total lebih dari 1.000 starter.

Semua seri balap itu, kata dia, dipadukan dengan hiburan sehingga menarik minat pembalap, pecinta otomotif, hingga berbagai kalangan masyarakat termasuk anak-anak.

"Kami bikin kombinasi motosport dengan entertainment dan mudah-mudahan cara seperti ini ke depan bisa diikuti event organizer lain," pungkasnya.

Dalam sesi ketiga Pertamax Turbo Drag Fest 2024, Rivat Simungkar juga turut meramaikan balapan drag race. Ia memberikan tantangan kepada para pembalap untuk mendapatkan hadiah dengan mengalahkan dirinya dalam mengadu waktu tercepat.

Baca juga: Bamsoet sebut IMI kabupaten/kota bantu mudahkan pembinaan atlet

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024