Samarinda (ANTARA) - Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Kaltim membuka kesempatan bagi putra-putri daerah untuk bisa menimba ilmu strata 1 (satu) melalui program Beasiswa Tuntas hingga lulus.

Kepala Biro Kesra Setdaprov Kaltim, Dasmiah di Samarinda, Sabtu, menjelaskan ISBI Kaltim menerima semua mahasiswa dari berbagai kalangan dan tanpa batasan usia, terutama bagi seniman.

Ada empat program studi dengan tiga fakultas yang bisa diikuti antara lain Fakultas Seni Rupa (S1 Prodi Tari), Fakultas Seni Media Rekam (Prodi S1 Film dan Televisi), serta Fakultas Seni Pertunjukan (Prodi S1 Tari dan S1 Etnomusikologi)

“Alhamdulillah, meski sempat vakum akhirnya ISBI Kaltim kembali membuka pendaftaran dan kabar baiknya semua biaya pendidikan akan dibayarkan oleh Pemprov Kaltim alias gratis sampai lulus khusus untuk putra-putri Kaltim,” ungkap Dasmiah.

Baca juga: ISBI fokuskan budaya bernilai ekonomi pada KKN Kebangsaan Maluku

Baca juga: Kemendikbudristek promosikan seni pertunjukan tradisi lokal Ki Lengser


Ia mengatakan pada tahun ini, ISBI Kaltim menerima 125 mahasiswa untuk empat prodi tersebut. ISBI Kaltim bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dalam kegiatan perkuliahan.

Adapun kampus ISBI Kaltim saat ini di Gedung UPTD Museum Negeri Mulawarman milik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim.

“Ayo, jangan lewatkan kesempatan baik ini. Tidak ada persyaratan khusus. Bisa mendaftar online melalui website atau juga langsung ke Biro Kesejahteraan Rakyat di Kantor Gubernur Kaltim, nanti akan kita arahkan pendaftarannya,” kata Dasmiah.

Pendaftaran telah dibuka sejak Juli lalu dan akan ditutup pada 30 Agustus 2024 sehingga mahasiswa dapat mulai berkuliah pada tahun ajaran baru di bulan September.*

Baca juga: ISBI soroti pentingnya perhatian terhadap perguruan tinggi seni

Baca juga: ISBI Aceh ajak DKA sukseskan kongres peradaban Aceh II

Pewarta: Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024