Tarakan (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol. Hary Sudwijanto menghadiri Upacara Penyambutan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonarmed 11/GG/2/K dan Yonzipur 8/SMG T.A. 2024 di Mako Lantamal XIII Tarakan, Sabtu.

"Selamat bertugas kepada Yonarmed 11/GG/2/K dan Yonzipur 8/SMG di wilayah penugasan, ini merupakan kepercayaan negara yang patut disyukuri karena tugas yang akan kalian laksanakan merupakan kepercayaan dan kehormatan serta wujud bakti terhadap rakyat, bangsa dan negara," kata Hary.

Hary mengatakan kepercayaan ini harus dipertanggungjawabkan dan dilaksanakan dengan penuh semangat maupun kesungguhan serta dilandasi sikap disiplin yang tinggi.

"Semoga kehadiran Satgas Pamtas ini harus mampu memberikan dampak positif bagi kepentingan keamanan wilayah perbatasan maupun membantu mengatasi kesulitan masyarakat perbatasan," kata Kapolda.

Baca juga: Ditpolairud Kaltara-PPM Sabah tingkatkan pengawasan laut di perbatasan

Kapolda Kaltara saat penyambutan Satgas Pamtas RI-Malaysia didampingi oleh Dansat Brimob Polda Kaltara Kombes Pol. Sarly Sollu, Kapolres Tarakan AKBP Adi Saptia Sudirna dan Wadir Polairud AKBP Suryono Ridho Murtedjo.

Danrem 092/Maharajalila Brigjen TNI Adek Chandra Kurniawan bertindak selaku inspektur upacara pada penyambutan Satgas Pamtas RI-Malaysia tersebut.

Upacara penyambutan Satgas Pamtas ini yaitu dalam rangka Operasi Pamtas Darat RI-Malaysia menggantikan Batalyon Arhanud 8/MBC yang sudah bertugas selama 12 bulan di daerah perbatasan di Kaltara.

Wilayah Perbatasan memiliki arti penting dan strategis dalam mengatasi masalah/ancaman, beberapa bentuk tindakan kriminal.

Tindakan kriminal yang umum terjadi di perbatasan adalah penyelundupan barang seperti narkotika, senjata api perdagangan manusia dan patok perbatasan yang hilang maupun rusak.

Untuk itu pengamanan perbatasan sangatlah berperan penting untuk menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan negara.
 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024