...Manchester United sudah sangat berhasil dan kami akan mencoba untuk melanjutkannya..."
Munich, Jerman (ANTARA News) - Pelatih Manchester United David Moyes mendukung timnya guna menjaga warisan Liga Champions mereka dengan menyisihkan pemegang juara Bayern Munich pada perempat final Rabu, pertandingan kedua untuk mencapai semi final.

Setelah seri di pertandingan pertama 1-1 di Old Trafford, United datang ke Allianz Arena Munich membawa penyerang Inggris Wayne Rooney yang pulih dari cidera ibu jari kaki.

Moyes mampu bertahan dari pengalaman musim pertama yang pahit dan timnya bercokol di urutan keenam di Liga Primer, tujuh poin di belakang Arsenal dan tempat di Liga Champions untuk musim mendatang,  namun kemenangan atas Bayern akan menawarkan penyelamatan.

Di bawah Alex Ferguson pendahulu Moyes, United lolos untuk setiap pertandingan Liga Champions sejak 1995/96 dan Moyes sangat sadar bahwa Liga Europa tidak akan mencukupi bagi raksasa Old Trafford.

"Ini merupakan kompetisi dimana Manchester United sudah sangat berhasil dan kami akan mencoba untuk melanjutkannya," kata Moyes dalam konferensi pers di Munich.

"Tahun ini sulit, tapi kami akan terus mencoba.

"Fokus saya pada pertandingan ini, bukan musim depan, para pemain fokus dan mereka tahu tugas mereka, ini tugas besar.

"Kami memiliki rekor bagus di Liga Champions dan kami ingin mencoba untuk melanjutkannya."

United harus mencetak gol di Allianz Arena agar terus melaju sedangkan Bayern dapat melenggang lewat hasil seri tanpa gol.

"Hal tersebut tidak mengubah rencana kami," kata Moyes.

"Secara taktis kami akan mencoba memenangkan pertandingan, dengan semangat dan tekat sama yang kami tunjukkan di pertandingan pertama."

United tersemangati oleh kemenangan tandang 4-0 atas Newcastle United di Liga Primer pada Sabtu, hari yang sama ketika Bayern takluk pertama kali di Bundesliga dalam 18 bulan ketika mereka dikalahkan 1-0 di Augsburg.

"Kami membutuhkan penampilan yang sangat bagus dari setiap pemain," kata Moyes.

"Kami siap sekali dengan menundukkan Newcastle, yang memberi kami kesempatan bagus untuk siap menghadapi pertandingan ini.

"Kami ingin berada di final, namun pertama-tama kami harus memastikan kami lolos besok."

United hanya dua kali mengalahkan Bayern di Liga Champions.

Kemenangan terkenal 2-1 mereka pada final 1999 diikuti kemenangan manis-pahit perempat final 3-2 di Old Trafford pada April 2010, namun Setan Merah tetap tersingkir karena Jerman menang di pertandingan pertama 2-1 di Munich.

"Ini pertandingan besar. Kami akan melakukan apapun yang kami bisa untuk mencapai semi final, namun ini sulit karena tingkat kompetisi dan kualitas tim," kata Moyes.

"Saya ingin lebih menguasai bola (dibanding  dengan pertandingan pertama) dan lebih mempunyai pengaruh pada pertandingan." (*)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014