Magetan (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof Dr Nurhasan meresmikan gedung Kampus 5 Magetan yang berada di Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, dan siap digunakan untuk kegiatan perkuliahan atau akademik tahun 2024.

"Dengan peresmian ini, semoga kita selalu diberi taufik dan hidayah serta diberi kemudahan untuk menjalankan amanah menyiapkan SDM unggul di Kampus Unesa 5 Magetan dalam rangka menyongsong Indonesia Emas," ujar Prof Nurhasan saat peresmian di Magetan, Sabtu.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Magetan sehingga bisa mewujudkan dan membangun Kampus 5 di Magetan. Adapun hadirnya Unesa Kampus 5 Magetan tersebut dilatarbelakangi untuk mendekatkan akses pendidikan tinggi, tempat kuliah, dan pengembangan diri bagi putra-putri daerah, utamanya di Magetan.

Meski berada di daerah, pihaknya memastikan bahwa kualitas termasuk infrastruktur, sumber daya manusia, kurikulum hingga kegiatan akademik, dan lain sebagainya sama dengan kampus utama.

Baca juga: Unesa beri penghargaan untuk Khofifah Indar Parawansa

Baca juga: Unesa pastikan buka kampus baru di IKN


Kampus 5 Magetan merupakan representasi dari Unesa Kampus Utama di Surabaya, sehingga memiliki mutu penyelenggaraan tridarma yang sama. Termasuk program studi (prodi) yang memang merupakan prodi terbaik, terfavorit, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan arah pembangunan Magetan.

Adapun, Kampus 5 Magetan saat ini memiliki sembilan prodi yang merupakan unggulan dari fakultasnya masing-masing, yaitu S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK); S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP); S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Kemudian, S1 Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL); S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL); S1 Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB); S1 Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS); S1 Teknik Informatika, Fakultas Teknik (FT); dan S1 Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik (FT).

Sekretaris Daerah Kabupaten Magetan Hergunadi mengucapkan terima kasih kepada Unesa yang telah memberikan dampak luar biasa bagi masyarakat Magetan. Keberadaan Unesa Kampus 5 adalah wujud nyata dari upaya bersama dalam memajukan pendidikan dan memberikan kesempatan yang lebih baik bagi generasi muda di Kabupaten Magetan.

"Pembangunan kampus ini bukan hanya pembangunan fisik, tetapi merupakan langkah strategis untuk membangun manusia, yang pada akhirnya akan membangun bangsa," katanya.

Peresmian gedung Unesa Kampus 5 Magetan dilakukan dengan penandatanganan prasasti, pemotongan tumpeng, pelepasan burung merpati oleh Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan didampingi jajaran pimpinan Pemkab Magetan.

Lalu dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh jajaran pimpinan dari Unesa dan Pemkab Magetan serta penandatanganan MoU sebagai tanda awal dibukanya operasional kampus tersebut. Peresmian juga dihibur dengan atraksi Reog, "Line Dance" Dharma Wanita, penampilan musik Duo Virgin, artis Unesa Alexis Band, dan hiburan lain.*

Baca juga: Mahasiswa baru Unesa tulis surat berisi harapan pada presiden terpilih

Baca juga: Mensos ingatkan mahasiswa baru Unesa kompleksnya tantangan ke depan

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024