Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Jayapura bersama TNI meningkatkan sinergisitas guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

“Pentingnya sinergi antara semua pihak, baik dari kepolisian, TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam menjaga stabilitas keamanan selama tahapan Pilkada berlangsung,” kata Kepala Polres (Kapolres) Jayapura AKBP Umar Nasatekay saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Cartenz dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak 2024 yang digelar di lapangan Mapolres Jayapura, Sabtu.

Menurut Kapolres, tantangan keamanan pada Pilkada Serentak 2024 kali ini cukup kompleks, terutama dengan adanya potensi konflik di beberapa wilayah yang harus diantisipasi sejak dini.

“Operasi Mantap Praja Cartenz 2024 ini adalah wujud kesiapsiagaan Polri dalam mengawal proses demokrasi agar berjalan dengan aman, lancar, dan damai,” ujarnya.

Dia mengharapkan kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi ini harus berpegang teguh pada netralitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas pengamanan.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan pengawasan di titik-titik rawan serta melakukan patroli rutin guna mencegah gangguan keamanan yang dapat menghambat jalannya Pilkada,” katanya.

Dia menambahkan Operasi Mantap Praja Cartenz 2024 akan berlangsung hingga seluruh rangkaian Pilkada Serentak selesai, dengan fokus pada pengamanan seluruh tahapan mulai dari kampanye, pemungutan suara, hingga penetapan hasil.

Kapolres mengatakan apel ini merupakan langkah awal dalam rangka memastikan keamanan dan kelancaran Pilkada 2024 di wilayah hukum Kabupaten Jayapura.
Baca juga: Polres Jayapura adakan konvoi kendaraan merah putih
Baca juga: Polisi ajak pelajar Jayapura bela negara jadi penegak hukum
Baca juga: Polres Jayapura bangun komunikasi dengan masyarakat sukseskan Pemilu

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024