Peluncuran program ini kami targetkan tidak hanya satu desa namun bisa diterapkan di seluruh desa guna mendapatkan data akurat, terarah dan jelas sehingga bisa mendukung berbagai aspek pembangunan yang dijalankan, baik untuk tingkat desa maupun pemer
Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Badan Pusat Statistik daerah setempat mengembangkan program Desa Cinta Statistik di Desa Kacung, Kecamatan Kelapa.

"Peluncuran program ini kami targetkan tidak hanya satu desa namun bisa diterapkan di seluruh desa guna mendapatkan data akurat, terarah dan jelas sehingga bisa mendukung berbagai aspek pembangunan yang dijalankan, baik untuk tingkat desa maupun pemerintah daerah hingga pusat," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Sabtu.

Dengan adanya program Desa Cinta Statistik ini diharapkan bisa meningkatkan penggunaan data di tingkat desa, terjadi peningkatan signifikan dalam penggunaan data statistik di tingkat desa, yang pada gilirannya akan mendukung pembangunan yang lebih terarah dan tahapan tahapan tersebut jauh lebih jelas.

Dengan adanya program Desa Cinta Statistik ini juga ke depan tidak perlu lagi negara mengeluarkan dana yang begitu besar setiap tahun untuk melakukan pendataan dan survei statistik karena telah dilakukan di tingkat desa.

"Saya rasa ini penting dan kita rencanakan tidak hanya di Desa Kacung sebagai Desa Cinta Statistik tetapi bisa dijalankan di seluruh desa se-Kabupaten Bangka Barat dan menjadikan kabupaten bisa memiliki data terpadu yang akurat, aktual dan riil dari seluruh desa," katanya.

Kepala Desa Kacung, Dimas Darmawansyah mengatakan dengan adanya program Desa Cinta Statistik ini memiliki peran penting dalam terwujudnya data yang akurat di tingkat desa.

"Program ini merupakan langkah penting dalam upaya kita untuk meningkatkan pemahaman dan kegunaan data statistik di tingkat desa, statistik bukan hanya angka-angka yang sering kita lihat tetapi merupakan alat penting yang dapat membantu kita dalam merencanakan dan mengambil keputusan yang lebih baik," katanya.

Dengan adanya Desa Cinta Statistik diharapkan seluruh masyarakat dapat lebih memahami pentingnya data dan perencanaan pembangunan serta dapat berpartisipasi aktif dalam pengumpulan dan pemanfaatan data yang lebih akurat.

Baca juga: BPS: Tiga desa di Magetan jadi percontohan Program Desa Cantik
Baca juga: Desa Toto Utara jadi Desa Cinta Statistik di Bone Bolango
Baca juga: BPS Pamekasan tingkatkan literasi aparat desa melalui 'desa cantik'

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024