Kabupaten Bogor (ANTARA) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan bahwa sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas menjadi kunci dalam upaya menghilangkan kemiskinan dan kelaparan.

"Kita butuh sumber daya manusia yang cakap dan andal, yang menguasai sains dan teknologi, dan akan membawa hasil itu untuk mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat segera. Kita butuh solusi hari ini bukan di kemudian hari," katanya dalam sidang senat terbuka wisuda program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor Universitas Pertahanan (Unhan) di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Ia bertekad menghilangkan kemiskinan dan kelaparan, karena Indonesia merupakan negara terkemuka di Asia, terlebih merupakan salah satu negara anggota G20.

Baca juga: Prabowo: Unhan terapkan standar universitas terbaik dunia

"Kalau masih ada rakyat kita yang hidup di bawah garis kemiskinan. Ini melukai hati kita, ini melukai perjuangan pahlawan-pahlawan kita, ini melukai tujuan kita menjadi negara dan bangsa," ujarnya.

Prabowo mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam melimpah, sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia nantinya bisa mengelola sendiri seluruh sumber daya alam yang ada.

Indonesia merupakan negara keempat terbesar di dunia dari segi jumlah penduduk, kemudian dari segi perekonomian, saat ini Indonesia berada di posisi 16 dari sekitar 200 negara yang ada.

Baca juga: Prabowo beri nasihat ke Bahlil soal sumber daya alam untuk rakyat

"Bangsa Indonesia sekarang sudah tidak mau dibodoh-bodohi lagi, sumber daya alam kita tidak mau diambil lagi, kita mau mengelolanya untuk rakyat Indonesia," kata Prabowo.

Menurut dia, ketika dirinya telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai Presiden RI, akan segera mengumpulkan pakar-pakar untuk membantunya dalam mengambil kebijakan sebagai tanggung jawab memimpin negara.

Prabowo optimistis Indonesia memiliki teknologi-teknologi yang sudah bisa dipakai untuk bukan hanya menjadikan Indonesia swasembada pangan, melainkan juga sebagai lumbung pangan dunia.

Baca juga: Prabowo berpesan ke Rosan jalankan amanah sebaiknya sebagai menteri

"Sekarang kuncinya adalah bagaimana kita bisa menjaga, mengamankan, dan menggunakan kekayaan-kekayaan tersebut, sehingga kita bisa mengangkat derajat rakyat kita untuk hidup dengan tingkat kualitas hidup yang layak," tuturnya.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024