Semarang (ANTARA) - Partai Gerindra akhirnya menetapkan dukungan kepada Alamsyah Satyanegara Sukawijaya atau Yoyok Sukawi sebagai calon wali kota Semarang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Semarang 2024.

"Kami diperintah oleh DPP untuk merapat ke koalisi yang mengusung Mas Yoyok," kata Ketua DPC Partai Gerindra Kota Semarang Joko Santoso, di Semarang, Sabtu.

Menurut dia, arahan dari DPP Partai Gerindra mendukung Yoyok Sukawi sebagai bakal calon wali kota Semarang, sedangkan untuk wakil wali kota masih menunggu.

"Untuk wakil wali kota kami menunggu arahan DPP dan DPD sembari menunggu surat B1 KWK untuk melengkapi persyarakan yang akan dibawa ke KPU," katanya.

Mengenai sosok bakal calon wakil wali kota yang akan mendampingi Yoyok, Joko mengatakan bahwa semua parpol memiliki kesempatan yang sama untuk mengajukan nama.

Yoyok yang juga kader Partai Demokrat sebelumnya telah diusung sebagai bakal calon wali kota Semarang oleh Koalisi Semarang Maju yang beranggotakan lima partai politik.

Lima parpol itu, yakni Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Di koalisi lain, ada Partai Golkar, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai NasDem yang mengusung Dico Ganinduto sebagai bakal calon wali kota Semarang.

Sedangkan PDI Perjuangan yang berpeluang mengusung pasangan calon sendiri pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang (Pilwakot) Semarang 2024 sejauh ini belum menentukan calon yang diusung.

"Setelah melalui proses dan sebelumnya kami sodorkan tiga poros, kami ada instruksi untuk menguatkan KIM plus dan di situ ada Mas Yoyok yang memiliki peluang besar untuk memenangkan Pilwakot Semarang," kata Joko.

Mendengar dukungan dari Gerindra, salah satu ketua partai dari koalisi yang mendukung Yoyok Sukawi, yakni Ketua DPC Partai Demokrat Kota Semarang Wahyoe Winarto menyambut baik dukungan tersebut.

Dengan bergabungnya Gerindra, sosok yang akrab disapa Liluk tersebut yakin akan semakin menguatkan koalisi yang mendukung Yoyok Sukawi.

"Kami bersyukur alhamdulillah yang dulu kami tunggu, yakni Partai Gerindra telah bergabung untuk mendukung Mas Yoyok. Semoga ini membuat kami semakin solid dalam mendukung dan memenangkan Mas Yoyok di Pilwakot Semarang 2024," katanya.
Baca juga: Gerindra jaring dua kader internal untuk Pilkada Kota Semarang 2024
Baca juga: KPU Semarang siap buka pendaftaran pilkada

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024