Jakarta (ANTARA) - Duta Besar India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty mengharapkan jalinan persahabatan India dan Indonesia, yang telah memasuki tahun ke-75, semakin kuat melalui olahraga, salah satunya golf.

Untuk itulah, ucapnya, Kedutaan Besar India di Jakarta menyelenggarakan turnamen India-Indonesia Golf Cup ke-2 dalam rangka perayaan 75 tahun hubungan bilateral India-Indonesia di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Sabtu.

“Golf adalah olahraga yang populer di Indonesia dan menjadi penghubung antara kita. Golf adalah pemersatu semua orang dari berbagai lini kehidupan,” kata Chakravorty di sela-sela pembukaan India-Indonesia Golf Cup ke-2.

Ia mengatakan, meski hubungan diplomatik India-Indonesia baru terjalin selama 75 tahun, hubungan budaya, peradaban, dan interaksi antara kedua bangsa sebenarnya sudah berlangsung selama ratusan tahun.

Hubungan yang terjalin sekarang pun berjalan dengan sangat baik karena Indonesia dan India memiliki kepentingan dan pandangan yang sama di kancah internasional serta dalam hal pembangunan nasional.

“Kedua negara kita sudah berhubungan baik selama bertahun-tahun. Tidak ada masalah atau perselisihan apapun di antara kita,” kata Chakravorty.

“Kita pun memandang dunia dengan persepsi yang hampir sama; kita juga yakin bahwa negara kita harus menjadi kuasa independen di dunia,” ucap Dubes India, menambahkan.

Oleh karena itu, India memiliki kepentingan besar untuk memperkuat hubungan dan kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang.

Terlebih, visi “Indonesia Emas 2045" dan “India 2047" menunjukkan bahwa kedua negara memiliki tujuan yang sama untuk mencapai status negara maju di seabad kemerdekaannya.

Dengan demikian, turnamen golf menjadi wahana yang tepat untuk menguatkan jalinan people-to-people antara India dan Indonesia.

Jakarta juga merupakan lokasi yang tepat untuk mengadakan turnamen tersebut karena, menurut dia, Jakarta adalah “Ibu Kota golf” dunia.

Turnamen itu diikuti oleh 144 peserta yang mewakili komunitas diplomatik, pejabat pemerintah, pemimpin bisnis dari berbagai sektor, serta tokoh nasional India dan Indonesia, ucap Chakravorty.

Selain untuk memperkuat hubungan persahabatan RI-India, turnamen tersebut juga menjadi momentum untuk menggalang dana bagi LSM pemerhati kelestarian sungai, Sungai Watch.

Baca juga: Dubes Chakravorty soroti peluang penguatan integrasi ekonomi RI-India
Baca juga: Akademisi: Indonesia-India harus jadi penentu nasib Indo-Pasifik
Baca juga: Indonesia-India patut mainkan peran wujudkan target SDGs global


Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024