Tasikmalaya, Jawa Barat (ANTARA) - Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Wiriadinata Letkol Pnb Taufik Agus Hidayat mengatakan balap drag motor dan mobil Pertamax Turbo Drag Fest 2024 merupakan ajang yang strategis untuk membina talenta-talenta muda pembalap.

"Alhamdulillah, event ini merupakan event yang sangat strategis untuk membina pembalap di Tasikmalaya maupun dari luar karena menjadi ruang untuk mengembangkan kemampuan mereka," ujar Taufik kepada awak media dalam ajang Pertamax Turbo Drag Fest 2024 seri ketiga di Pangkalan Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu.

Lanud Wiriadinata menjadi lokasi ajang balap lintasan lurus tersebut untuk dua seri yaitu seri kedua pada 27-28 Juli dan seri ketiga pada 24-25 Agustus, setelah seri pertama digelar di Lapangan Udara Cicangkal, Bogor pada 13-14 Juli.

Taufik mengatakan TNI AU melalui Lanud Wiriadinata mendukung penuh pembinaan talenta pembalap dengan menyediakan lintasan untuk kompetisi tersebut.

"Sarana lapangan udara ini memang belum aktif seluruhnya untuk penerbangan reguler sehingga dengan izin dari Panglima TNI kami ikut mendukung ajang ini," ujarnya.

Taufik mengatakan kejuaraan tersebut sangat dinantikan kalangan muda laki-laki dan perempuan yang memiliki talenta balap untuk saling menguji kemampuan pada kompetisi resmi.

Sebelum hadirnya ajang itu, kata dia, Lanud Wiriadinata juga telah mendukung pembinaan talenta pembalap melalui pemanfaatan sarana lapangan udara setempat untuk latihan.

Baca juga: Pertamina: Minat pembalap ikut Pertamax Turbo Drag naik signifikan

Sejak Februari, kata dia, latihan sudah digelar secara reguler satu kali dalam satu minggu dengan tetap menerapkan aspek keselamatan.

"Adanya arena latihan ini juga sangat efektif mengurangi aksi balapan liar karena mereka memiliki ruang berekspresi dan berlatih ditambah lagi ruang berkompetisi melalui ajang ini," ujarnya.

Taufik menambahkan, fasilitas lapangan udara setempat memang diutamakan untuk kegiatan penerbangan, namun ke depan dapat dimanfaatkan untuk ajang balap drag selama tidak mengganggu kegiatan prioritas.

"Kami terbuka, selama fasilitas yang ada ini penggunaannya tidak bersinggungan atau bertentangan dengan kegiatan penerbangan," ujarnya.

"Memang utamanya untuk kegiatan penerbangan sehingga kalau nanti sudah ada jadwal reguler ya kami utamakan, nanti kita carikan solusi untuk arena balapan, kita carikan tempat lain," pungkas Taufik.

Baca juga: Ratusan pembalap ikuti Pertamax Turbo Drag Fest
Baca juga: IMI sebut balap drag Pertamax Turbo Tasikmalaya bangkitkan kelas 402

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024