Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Festival Harmoni Budaya agenda kegiatan nasional yang ditangani Kementerian Koordinator (Kemenko PMK) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan diagendakan digelar di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada September 2024.
 
"Gelaran Festival Budaya yang dijadwalkan Kemenko PMK dilaksanakan selama empat hari," kata Asisten I Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara Nicko Herlambang di Penajam, Sabtu.
 
Ia menambahkan, Kabupaten Penajam Paser Utara dipilih Kemenko PMK sebagai tuan rumah Festival Harmoni Budaya tersebut.
 
Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi tuan rumah, dengan latar belakang daerah yang dikenal Benuo Taka itu, sebagai kabupaten terdekat dan mitra ibu kota baru Indonesia bernama Kota Nusantara.
 
"Kabupaten Penajam Paser Utara juga memiliki budaya yang kaya dan harus ditunjukkan kepada masyarakat luas," ujarnya.
 
Pemerintah kabupaten menyambut baik keputusan Kemenko PMK memilih Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi tuan rumah gelaran Festival Harmoni Budaya tersebut, lanjut dia, karena bakal memberikan dampak positif pada upaya pelestarian budaya dan ekonomi warga setempat.
 
Festival Harmoni Budaya padat dengan pertunjukan seni budaya yang ditampilkan pelaku seni budaya di Kabupaten Penajam Paser Utara, karena festival tersebut untuk menunjukkan kekhasan budaya suatu daerah.
 
Diperkirakan bakal banyak pengunjung menyaksikan Festival Harmoni Budaya, kata dia, sehingga pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) akan diberikan ruang atau tempat berjualan di sekitar lokasi gelaran festival.
 
"Hotel dan penginapan, serta rumah atau warung makan juga akan terkena dampak positif," ucapnya.
 
Sehingga pemerintah kabupaten tidak melewatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah gelaran Festival Harmoni Budaya, selain menunjukkan budaya dan kearifan lokal, juga sebagai promosi daerah, demikian Nicko Herlambang.
 
Kemenko PMK pada 2023 juga telah menggelar Festival Harmoni Budaya Nusantara di Lapangan Taruna Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, yang masuk kawasan Kota Nusantara.   

Baca juga: Kabupaten Penajam bersiap jadi daerah tumpuan pangan Kota Nusantara
Baca juga: Basuki Hadimuljono: Expo IKN di Penajam jadi magnet tarik investor
Baca juga: Menko PMK ajak masyarakat Penajam cegah stunting siapkan SDM unggul

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024