Mahasiswa harus dilibatkan dan dikenali sejak awal bahwa kampusnya harus tetap hijau
Surabaya (ANTARA) - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengajak mahasiswa baru untuk lebih mencintai dan merawat lingkungan hijau melalui kegiatan menanam pohon di kampus setempat, Sabtu.

Direktur Direktorat Logistik, Keamanan, Ketertiban, dan Lingkungan (DLKKL) Unair Karnaji mengatakan penanaman pohon itu dilakukan sebagai upaya untuk mengajak serta mendorong mahasiswa baru agar lebih mencintai dan merawat lingkungan hijau.   

"Maba ini coba kita kenalkan bahwa Unair ini sudah masuk green kampus. Mahasiswa harus dilibatkan dan dikenali sejak awal bahwa kampusnya harus tetap hijau," katanya saat berada di area lahan penanaman Unair Kampus C.  

Unair sendiri, kata dia, telah masuk dalam rangking dunia kategori kampus hijau di dunia dengan urutan nomor 83. Sedangkan di Indonesia, berada di nomor 8 kampus hijau.

"Jadi masuk 10 besar termasuk kampus hijau di Indonesia, juga di dunia," ucapnya.  

Penanaman dan perawatan pohon itu, lanjut dia, juga sebagai bentuk Unair dalam memberi dampak positif kepada lingkungan sekitar, terutama untuk udara sehat.

"Tujuannya juga sebagai paru-paru kota," katanya.

Apalagi, kampus Unair terletak di tengah kota besar Surabaya dengan lahan yang sempit, sehingga harus memanfaatkan setiap lahan yang dimiliki oleh kampus sebaik mungkin untuk space terhadap tumbuhan.

"Karena sempit, harus kita daya gunakan bagaimana lahan sempit itu menyumbang oksigen juga bisa maksimal," tuturnya.

Seperti diketahui, momentum mengajak mahasiswa baru untuk turut andil dalam penanaman pohon itu, dilakukan dalam masa penutupan pengukuhan mahasiswa baru sarjana dan vokasi 2024.

Baca juga: Khofifah dorong mahasiswa baru Unair jadi pemimpin pemungkin
Baca juga: Alumnus Unair menginspirasi lewat jurnalisme digital
Baca juga: Pendaftar jalur Mandiri Unair capai 8.000 peserta

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024