Washington (ANTARA) - Menteri Pertahanan Lloyd Austin pada Jumat (23/8) memuji hubungan Amerika Serikat (AS) dengan India selama pertemuan dengan Menteri Pertahanan India Rajnath Singh di Pentagon.

"Kami bertemu pada saat kemitraan AS-India sedang berada pada momentum yang besar. Kami berbagi visi tentang Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, dan kerja sama pertahanan kami terus tumbuh semakin kuat," kata Austin dalam pertemuan dengan Singh.

Austin mengatakan bahwa kedua negara sedang memperluas hubungan industri pertahanan dan bekerja untuk memproduksi lebih banyak kemampuan serta memperkuat ketahanan rantai pasokan.

Di pihaknya, Singh, mengatakan bahwa India dan AS menikmati kemitraan strategis global yang komprehensif yang mencakup "hampir semua bidang usaha manusia."

"Ini didorong oleh nilai-nilai demokrasi yang sama, kesamaan kepentingan dalam berbagai isu, dan kontak antarwarga yang dinamis. Saya dapat melihat bahwa hubungan bilateral kami juga telah mengalami kesamaan kepentingan strategis yang semakin berkembang serta peningkatan kerja sama pertahanan dan industri," tambahnya.

Pertemuan itu berlangsung satu hari setelah AS dan India menandatangani perjanjian keamanan pasokan yang tidak mengikat untuk memastikan penyediaan barang dan jasa yang kritis bagi keamanan nasional.

Melalui pakta ini, AS dan India sepakat untuk memberikan dukungan prioritas timbal balik untuk barang dan jasa yang mendukung pertahanan nasional.

Perjanjian ini akan memungkinkan kedua negara memperoleh sumber daya industri yang mereka butuhkan satu sama lain untuk mengatasi gangguan rantai pasokan yang tidak terduga demi memenuhi kebutuhan keamanan nasional.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Biden ucapkan selamat atas kemenangan PM India Modi dalam pemilu
Baca juga: Modi bertemu Putin, AS desak India dukung kedaulatan Ukraina


Penerjemah: Primayanti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024