Jakarta (ANTARA) - Pembalap Ferrari Charles Leclerc memprediksi timnya akan cukup kesulitan dalam menghadapi rangkaian akhir pekan Grand Prix Belanda yang menantang di Sirkuit Zandvoort.

Hal itu menyusul hasil yang kurang memuaskan dari Leclerc dan Ferrari pada sesi latihan pada Jumat (23/8).

Setelah mengalami keterbatasan dalam sesi FP1 basah/kering, Leclerc menempati posisi ke-13 pada sesi latihan bebas (FP) pertama. Ia kemudian mampu memperbaiki performanya di sesi FP2 dengan finis di urutan kesembilan, terpaut kurang lebih 3 detik dari pemimpin sesi tersebut, George Russell (Mercedes).

“Itu adalah sesi yang sulit, sesuai ekspektasi. Sayangnya, kecepatan kami tidak sebanding dengan para pembalap di depan,” ungkap Leclerc, dikutip dari laman resmi Formula 1, Sabtu.

Leclerc berada di belakang Max Verstappen (Red Bull), Russell dan Lewis Hamilton (Mercedes), Fernando Alonso (Aston Martin), Yuki Tsunoda (RB), dan Kevin Magnunssen (Haas).

Pembalap Monaco itu menilai tim masih belum menemukan solusi dari “efek samping” pengembangan mobil meski tim telah melakukan pengujian dan menerapkan solusi sementara untuk beberapa balapan.

“Menurut saya, kecepatannya lebih baik, tapi tentu saja masih belum cukup untuk bersaing meraih kemenangan,” kata Leclerc.

“Masih banyak yang harus dilakukan. Itulah yang sedang kami lakukan, tetapi saya harap ini akan segera membuahkan hasil,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Horner prediksi empat tim teratas makin kompetitif di paruh kedua

Leclerc kemudian ditanya apakah potensi hujan pada Sabtu dapat menjadi titik balik baginya selama sesi kualifikasi dan memperkecil ketertinggalan mereka.

“Saya sangat berharap demikian. Itulah targetnya. Saya akan mencoba melakukan sesuatu yang istimewa di kualifikasi, tetapi saat ini kita berbicara tentang jarak yang terlalu besar untuk melakukan sesuatu yang istimewa,” kata Leclerc.

“Jika kami berhasil memperkecil jarak menjadi dua, tiga persepuluh, mungkin ada yang bisa dilakukan. Jika tidak, saya prediksi akhir pekan yang sulit bagi kami,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, sesi kualifikasi GP Belanda akan bergulir pada pukul 20.00 WIB. Sedangkan balapan utama bakal digelar pada Minggu (25/8) pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Hamilton yakin Mercedes bisa lanjutkan performa apik di paruh kedua
Baca juga: Statistik Grand Prix Belanda di Zandvoort


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024