Penyerahan surat rekomendasi ini bukan sekadar formalitas, tetapi merupakan wujud dari komitmen Baznas dalam mengawal pengelolaan zakat yang sesuai dengan prinsip 3A
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI memberikan rekomendasi izin untuk pembentukan tiga Lembaga Amil Zakat (LAZ) baru guna memperkuat ekosistem zakat di Indonesia.

"Penyerahan surat rekomendasi ini bukan sekadar formalitas, tetapi merupakan wujud dari komitmen Baznas dalam mengawal pengelolaan zakat yang sesuai dengan prinsip 3A, yakni Aman Syari, Aman Regulasi, dan Aman NKRI," kata Pimpinan Baznas RI Achmad Sudrajat dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Dia menjelaskan, ketiga LAZ yang mendapat rekomendasi izin pembentukan tersebut di antaranya Yayasan Lumbung Zakat LZI, Yayasan Sabilillah Malang, dan Yayasan Suara Hati Sidoarjo.

Achmad mengatakan, pemberian surat rekomendasi izin menjadi hal yang penting dalam memperkuat ekosistem zakat, sekaligus mendorong penguatan pengelolaan dan pengumpulan zakat secara nasional.

Ia juga menekankan pentingnya regulasi dalam pembentukan LAZ. Dengan adanya rekomendasi ini, diharapkan LAZ dapat melakukan penggalangan dana dengan aman dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain pemberian rekomendasi izin, ia juga menegaskan pentingnya integritas dalam pengelolaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) kepada tiga LAZ tersebut.

"Kita juga menyerahkan pakta integritas, karena kita ini adalah lembaga yang mengelola dana umat. Integritas dan akuntabilitas harus menjadi prinsip utama dalam menjalankan amanah ini," ujarnya.

Melalui pakta integritas tersebut, Achmad berharap ketiga LAZ yang menerima rekomendasi dari Baznas dapat menjalankan tugas dan amanah yang diberikan dengan penuh tanggung jawab, serta berkontribusi secara nyata dalam pembangunan masyarakat dan bangsa.

"Kami selalu mendorong agar setiap lembaga segera memproses izin dan menjadi bagian dari Baznas, sehingga kegiatan penggalangan dana yang dilakukan tidak ilegal," katanya.

Mewakili ketiga LAZ yang mendapat rekomendasi, Ketua Yayasan Suara Hati Sidoarjo Heru menyampaikan rasa bersyukur dan terima kasih kepada Baznas atas pemberian rekomendasi izin pembentukan LAZ. Ia juga memastikan pihaknya akan mengikuti semua aturan yang berlaku dalam pengelolaan ZIS.

"Kami berkomitmen untuk menjadikan LAZ yang kami kelola bermanfaat bagi sesama, khususnya masyarakat kecil di sekitaran wilayah kami. Seperti yang kami yakini, sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi banyak orang. Dengan adanya rekomendasi ini, kami berharap dapat bergerak lebih luas dan membantu lebih banyak masyarakat," kata Heru.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024