Washington (ANTARA) - Gedung Putih mengumumkan Presiden Joe Biden telah berbicara dengan para pemimpin Qatar dan Mesir untuk mencoba mencapai kesepakatan gencatan senjata di Jalur Gaza dan pembebasan sandera Israel yang ditahan Hamas.

"Presiden Biden berbicara dengan Amir Sheikh Tamim Bin Hamad Al-Thani dari Qatar dan secara terpisah berbicara dengan Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi untuk membahas upaya diplomatik dalam mencapai kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan sandera," kata Gedung Putih dalam pernyataannya, Jumat (23/8).

Berita mengenai pembicaraan Biden dengan pemimpin Qatar dan Mesir itu mengemuka setelah media AS melaporkan bahwa Biden meminta Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk menarik pasukannya dari perbatasan Gaza dengan Mesir agar negosiasi mengenai pembebasan sandera dan kesepakatan gencatan senjata dapat dilanjutkan.

Pejabat Israel yang dikutip dalam laporan media tersebut mengatakan bahwa Biden meminta pasukan Israel ditarik dari sebagian kecil koridor Philadelphi selama tahap pertama kesepakatan.

Wilayah yang diminta mencakup jalur sepanjang 1-2 kilometer di sepanjang perbatasan Mesir-Gaza dekat tempat sejumlah besar warga Palestina yang mengungsi berlindung.

Netanyahu dikabarkan setuju sebagian dengan permintaan Biden, ungkap laporan media.

Sumber : Sputnik

Baca juga: Qatar, Mesir peringatkan AS kecil kemungkinan Hamas terima usulan baru
Baca juga: Qatar dan AS bahas perkembangan kesepakatan gencatan senjata Gaza

 

Penerjemah: Primayanti
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024