Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menegaskan komitmennya untuk menjadi sentra pembinaan studi kearsipan yang jadi rujukan bagi masyarakat.

"Kami sudah bertekad bahwa Jakarta Selatan menjadi sentra untuk pembinaan arsip atau rujukan untuk orang mau belajar arsip," kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin dalam Anugerah Kearsipan dan Anugerah Administrasi Kependudukan di Jakarta, Jumat.

Munjirin mengatakan pembinaan arsip tersebut nantinya akan melingkupi sekretariat kota bagian kecamatan dan kelurahan.

Dia juga mengarahkan Kepala Suku Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Selatan Johnny Sotar untuk mampu melakukan kegiatan yang tujuannya sama untuk pembinaan arsip.

"Jadi, jika masyarakat atau petugas ingin mencari arsip, hitungan detik dan menit bisa cepat mendapat arsip dicari," ujarnya.

Baca juga: Pemprov DKI kelola kearsipan berkelanjutan

Munjirin menegaskan terus ingin mempertahankan penghargaan Jakarta Selatan sebagai pengelola arsip terbaik.

"Diperolehnya dua tahun berturut-turut arsip Jakarta Selatan menjadi terbaik tentunya ini ada satu potensi yang memang ada tenaga handal untuk mengelola arsip," ujarnya.

Munjirin berharap ke depannya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan beserta jajaran mampu meningkatkan kemampuan pembinaan arsip menjadi lebih baik lagi.

Ia juga menyoroti pentingnya untuk melakukan penataan arsip dan administrasi kependudukan secara menyeluruh mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga ke tingkat kota. 

Hal itu menyusul diperolehnya penghargaan penataan administrasi kependudukan tingkat RT dan RW. 

"Kami mau semua di Jakarta Selatan menjadi yang terbaik juga ketularan untuk penataan arsip dan administrasi kependudukannya," ujarnya.

Baca juga: Jaksel buka layanan restorasi arsip secara gratis
Baca juga: ANRI sedia layanan gratis restorasi arsip keluarga bagi korban banjir

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024