Jakarta (ANTARA) -
Tim bola basket putra 3X3 Indonesia, Hype Supersport (HS), membuka kans lolos ke perempat final turnamen Yunan 3X3 Circuit Dali Stop di China, 23-25 Agustus 2024, setelah masing-masing menang dan kalah sekali.
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu, peluang lolos itu didapat setelah anak asuh Nico Donnda tersebut kalah melawan wakil dari Malaysia, namun menang lawan wakil asal Makau, pada Jumat (23/8).
 
"Malaysia mengirimkan pemain dengan peringkat 1 dan 3 di negaranya, sementara tim Hype Supersport masih di peringkat 40-50 dalam ranking pemain 3X3 di Indonesia," kata Manajer Tim Hype Supersport Chaerul Anwar Azis.
 
Ia membeberkan, tim HS kurang beruntung saat melawan tim dari negara tetangga, karena kalah dengan skor 15-17 di Dali International Olympics Sports Center.
 
Menurut pria yang kerap disapa Buyo itu, dalam laga itu para pemain sempat memimpin skor hingga lima menit terakhir, sehingga kerja keras mereka mampu memaksa lawan untuk tidak berkutik.
 
Tetapi memang, lanjut dia, pengalaman bertanding pada akhirnya menentukan hasil akhir. Ketenangan pemain Malaysia yang sudah sering mengikuti kejuaraan internasional mampu mengendalikan permainan di sisa waktu pertandingan.
 
Lebih lanjut Buyo membeberkan, kondisi berbeda justru terjadi dengan Arlan Sitorus dan kawan-kawan.
 
Para pemain memang minus pengalaman dalam ajang internasional, sehingga mentalitas mereka belum teruji karena ajang di China itu merupakan pengalaman pertama bagi mereka.
 
"Mereka main tanpa takut dan terus berkembang di pertandingan. Hanya memang keberuntungan belum memihak mereka," ujar dia.
 
Pada hari tersebut, Hype Supersport menjalani dua pertandingan. Setelah kalah melawan wakil Malaysia, mereka juga bertanding melawan tim asal Makau, Macau World United, pada malam hari.
 
Kali ini, lanjut Buyo, giliran tim HS yang menghajar tim tersebut. Keempat pemain yang menghuni skuad, yaitu Arlan Sitorus, Matthew Bryan, Grady Cahyadi, dan Jason Prawira sukses membungkam lawan dengan skor 9-7.
 
Setelah menjalani dua laga, HS masih memiliki peluang lolos ke perempat final, saat berjumpa wakil asal Taiwan, Taipei Footers.

Baca juga: Perbasi dukung tim Hype Supersport ikuti turnamen basket 3X3 di China
 
Laga untuk memastikan tiket perempat final berlangsung pada Sabtu (24/8) siang waktu setempat.
 
Oleh sebab itu, Buyo meminta doa dari seluruh masyarakat Indonesia, agar tim Tanah Air bisa berjaya dalam ajang bola basket 3X3 di luar negeri.
 
Sementara itu, tujuan tim Hype Supersport dikirim oleh PT Supersport Sensation (SSS) International ke ajang di China, adalah untuk menambah jam terbang pemain muda.
 
Dengan memperbanyak mengikuti pertandingan di luar negeri, ditargetkan agar membantu pemain untuk berkembang sehingga mentalitasnya terasah.
 
Turnamen internasional tersebut diikuti oleh 16 tim dari 13 negara yang terbagi menjadi empat pool.
 
Perwakilan Tanah Air tergabung dalam pool C bersama wakil dari Malaysia, Makau, dan Taiwan.


Baca juga: Manajer tim HS: Pemain tidak perlu adaptasi cuaca di China

Baca juga: Pelatih HS optimistis lolos fase grup basket 3X3 di China

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024