untuk meningkatkan jumlah pakar keamanan siber yang terampil
Jakarta (ANTARA) - Swiss German University (SGU), sebuah universitas swasta Indonesia di Tangerang, meluncurkan kolaborasi dengan Positive Technologies, perusahaan keamanan siber Rusia, untuk melatih para tenaga profesional keamanan siber di Indonesia.

Menurut keterangan tertulis Positive Technologies yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat, SGU dan Positive Technologies menandatangani nota kemitraan strategis pada acara penutupan Positive Hack Camp di Moskow pada Jumat.

“Kedua belah pihak berencana untuk bersama-sama melaksanakan program pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah pakar keamanan siber yang terampil di Indonesia,” menurut keterangan tersebut.

Rektor SGU, Samuel P. Kusumacahyo, mengatakan bahwa penerapan teknologi digital sangat berkembang pesat melampaui perkembangan keamanan siber di berbagai belahan dunia.

“Kami sangat menghargai bahwa Positive Technologies, perusahaan keamanan informasi terkemuka di dunia, bersedia berbagi pengalaman dan pengetahuannya dengan kami,” kata Samuel.

“Kami berharap dapat melihat para profesional tingkat tinggi muncul di negara kami, dan kami senang dapat bermitra dengan perusahaan yang memiliki pengalaman langsung yang luas di bidang ini,” tambah Rektor SGU tersebut.

Baca juga: Kemenkominfo ajak penggiat keamanan siber berorganisasi lewat asosiasi
Baca juga: Wakil Ketua MPR usulkan pembentukan Akademi Keamanan Siber


Sementara itu, Direktur Pelatihan Pelanggan dan Mitra Positive Technologies, Yuliya Danchina, mengatakan bahwa Positive Technologies melihat permintaan yang terus meningkat akan keahlian mereka dari berbagai negara.

“Perusahaan kami memiliki keahlian yang luas dalam keamanan siber termasuk keamanan siber praktis untuk berbagai acara internasional besar,” ujar Danchina.

Danchina mengatakan bahwa industri keamanan siber di seluruh dunia membutuhkan orang-orang tangguh yang mampu melatih dan mengembangkan bakat profesional untuk menciptakan sistem keamanan siber global yang berorientasi pada hasil.

Positive Hack Camp merupakan program pelatihan internasional yang diselenggarakan oleh Positive Technologies yang dimulai pada Agustus 2024 dan dilaksanakan selama dua minggu dengan dukungan dari Kementerian Pengembangan Digital Rusia.

Sebanyak 70 spesialis dari 20 negara, termasuk Indonesia, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, Bahrain, Malaysia, Brasil dan Afrika Selatan, berpartisipasi dalam sesi pembukaan program pelatihan tersebut.

Baca juga: Huawei dan BSSN latihan keamanan siber untuk 500 personel TNI AU
Baca juga: Menkominfo sebut CSIRT miliki peran vital hadapi serangan siber
Baca juga: Ketua MPR ingatkan Indonesia penting segera miliki UU Keamanan Siber 


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024