Surabaya (ANTARA) -
Gol menit akhir pemain asal Palestina Mohammed Rashid membawa Persebaya Surabaya memenangkan laga dengan skor 2-1 atas tim tamu Barito Putra dalam pertandingan pekan ketiga kompetisi Liga 1 musim 2024/2025 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat malam.
 
Gol Persebaya dicetak oleh Bruno Moreira pada menit ke-27 lewat titik putih dan Mohammed Rashid menit ke-90+5. Sedangkan gol Barito dicetak oleh Lucas Morelatto pada menit pertama.
 
Hasil dari pertandingan tersebut menempatkan Persebaya sebagai pemuncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan raihan poin tujuh dari tiga pertandingan. Sementara Barito tetap berada di posisi 10.
 
Jalannya pertandingan pada babak pertama, Persebaya langsung mendapat kejutan melalui gol cepat yang diciptakan oleh Morelatto pada menit pertama, tepatnya pada detik ke-38.
 
Gol menit awal itu bermula dari tendangan penjaga gawang Persebaya Ernando, yang mengenai Kadek Raditya dan memantul ke arah Morelatto. Bola yang diarahkan ke gawang oleh pemain asal Brasil itu berhasil mendahului Ernando yang masih berada di garis depan kotak penalti. Skor sementara berubah menjadi 0-1 untuk tim tamu.
 
Persebaya yang tertinggal satu angka langsung melakukan serangan, begitu juga anak asuh Rahmad Darmawan itu juga tak mau kalah dengan memberi serangan balik.
 
Anak asuh Paul Munster mendapat peluang pada menit ke-9 lewat Slavko Damjanovic setelah mendapat umpan dari Rivera dari tendangan bebas. Sayang sundulannya masih melenceng tipis ke kanan gawang Barito yang dijaga oleh Satria Tama.
 
Pada menit ke-25, terjadi kemelut di depan gawang Satria Tama. Pemain belakang Barito Checu, terlihat sengaja membuang bola dengan tangannya dan wasit langsung menunjuk titik putih sekaligus memberi kartu merah untuk pesepakbola asal Spanyol itu.
 
Kapten Persebaya Bruno Moreira yang menjadi sang algojo tidak mau menyia-nyiakan kesempatan itu, tepatnya menit ke-27 pesepakbola asal Brasil itu berhasil mengelabui Satria Tama dan menyamakan kedudukan. Skor sementara 1-1.
 
Persebaya yang memburu kemenangan terus menyerang dan mengurung lini belakang klub yang berjuluk Laskar Antasari itu. Namun hingga menjelang berakhirnya babak pertama masih belum bisa menjebol gawang Satria Tama lagi.
 
Hingga wasit meniup peluit tanda turun minum skor sementara tetap 1-1.

Baca juga: Gali Freitas antar PSIS tekuk PSBS 1-0
 
Babak kedua, Bruno Moreira dan rekan-rekannya langsung menggempur pertahanan Barito. Bahkan beberapa kali mampu membuat repot pertahanan lawan.
 
Pada menit ke-58, Persebaya mendapatkan peluang lewat tendangan keras Mohammed Rashid dari luar kotak penalti. Namun mantan penjaga gawang Persebaya itu dengan sigap membuat save untuk timnya dan menggagalkan peluang tersebut.
 
Meskipun dikurung oleh klub kebanggaan Arek-Arek Suroboyo itu, pasukan Laskar Antasari tidak mau ketinggalan untuk melakukan perlawanan melalui serangan balik.
 
Pada menit ke-81, Ezzejjari membuat peluang melalui tendangan dari dalam kotak penalti Persebaya, namun masih melenceng tipis di sebelah kanan gawang yang dijaga Ernando Ari.
 
Beberapa kali Flavio dihadapkan dengan posisi yang menguntungkan melalui skema umpan-umpan pendek, namun pemain asal Portugal itu belum bisa memaksimalkan peluang untuk dikonversi menjadi gol.
 
Bahkan, sundulan Rizky Dwi yang menggantikan Gilson Costa menjelang berakhirnya pertandingan juga belum bisa memaksimalkan peluang.
 
Persebaya baru bisa membalikkan keadaan lewat tendangan keras yang diciptakan Mohammed Rashid dari luar kotak penalti pada menit 90+5, setelah mengurung pertahanan lawan lewat umpan-umpan pendek para penggawa Green Force. Skor berubah menjadi 2-1.
 
Hingga wasit asal Jawa Barat Asep Yandis meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan skor tidak berubah 2-1, kemenangan untuk tuan rumah.
 
Pada laga selanjutnya, Persebaya akan melawat ke kandang Persita Tangerang di Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali, pada 14 September 2024, pukul 19.00 WIB.
 
Sedangkan Barito Putera akan menjamu Persik Kediri di Stadion Sultan Agung Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 14 September 2024, pukul 15.30 WIB.

Baca juga: Rashid ingin hapus catatan buruk Persebaya saat jamu Barito di GBT
 
Daftar susunan pemain kedua tim:
 
Persebaya:
Ernando Ari Sutaryadi (PG), Ardi Idrus, Gilson Sequeira Da Costa, Francisco Israel Rivera Davalos, Bruno Moreira Soares (C), Slavko Damjanovic, Flavio Antonio Da Silva, Kadek Raditya Maheswara, Mikael Alfredo Tata, Alfan Suaib, Mohammed B. A. Rashid.
Pelatih: Paul Munster
 
Barito Putera:
Satria Tama Hardianto, Jesus Maria Meneses Sabater, Tegar Infantrie Sukamto, Levy Clement Madinda, Lucas Morelatto Da Cruz, Aditiya Daffa Al Haqi, Murilo Otavio Mendes, Chi Sung Moon, Muhamad Firli, Lucas Gama Moreira (C), Eksel Timothy Joseph Runtukahu.
 

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024