Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuka ruang diskusi dengan 10 perusahaan gim terkemuka dari Indonesia lewat Networking Hours Gamescom 2024, di Jerman.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat menyampaikan acara ini dirancang sebagai platform untuk menjalin koneksi, interaksi, dan membangun jaringan di antara para pelaku industri gim lokal maupun global. Tujuannya adalah untuk mendorong kolaborasi dan kemitraan yang produktif dan inovatif.

“Hari ini sangat padat, kita mulai dari pertemuan dengan Infinite, Epic Games, Xsolla, Xbox, dan terakhir ditutup dengan Networking Hours. Ini menunjukkan bahwa minat industri gim dunia terhadap Indonesia ini semakin tinggi,” kata Menparekraf.

Pada kesempatan ini, ia menegaskan bahwa dukungan pemerintah terhadap industri kreatif, khususnya sektor pengembangan gim, telah mendapatkan perhatian lebih dengan disahkannya Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional.

Peraturan ini diharapkan dapat mengatasi tantangan yang dihadapi industri gim di Indonesia dan mendorong pertumbuhannya ke arah yang lebih positif.

“Dan dengan Perpress No 24 ini kita harapkan akan semakin memperkuat ekosistemnya,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa ada peluang yang sangat besar bagi Indonesia untuk tiga pilar, yakni peningkatan SDM, pembangunan talentanya, mempromosikan dari produk-produk, dan ketiga adalah pendanaannya.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam menyampaikan, pemerintah Indonesia berkomitmen mendukung pengembang gim lokal dan membina lingkungan yang mendorong inovasi dan kolaborasi.

Ia percaya bahwa dengan menghubungkan pengembang gim lokal dengan komunitas gim global, dapat mencapai hal-hal yang luar biasa.

“Saya mendorong Anda semua untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk bertemu dengan para pengembang kami, mempelajari proyek mereka, dan mengeksplorasi bagaimana kita dapat bekerja sama untuk mendorong batasan dari apa yang mungkin dalam gim,” kata Neil.

Sebanyak 10 perusahaan gim terkemuka di Indonesia hadir pada Networking Hours Gamescom 2024 ini akan berbagi visi, proyek, dan aspirasi untuk bertukar pikiran.

“Perusahaan-perusahaan ini mewakili hati dan jiwa industri gim Indonesia. Masing-masing dari mereka menghadirkan kisah, kreativitas, dan kecakapan teknologi yang unik,” pungkasnya.

Baca juga: Gameseed 2024 jadi ajang untuk meriahkan Hari Game Nasional
Baca juga: Industri gim di Indonesia dinilai berkembang pesat
Baca juga: Kemendag dukung industri gim nasional dengan buka akses pasar

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024