Tasikmalaya, Jawa Barat (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menargetkan cabang olahraga seluncur es atau ice skating Indonesia menjadi salah satu cabang andalan yang lolos untuk berkompetisi pada ajang Winter Olympic yang akan datang.

"Kami menargetkan ice skating harus menjadi cabang olahraga andalan Indonesia agar lolos ke Winter Olympic," tulis Dito melalui akun instagram @ditoariotedjo yang dipantau di Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat.

Dito mengemukakan hal itu setelah memantau langsung pelaksanaan ajang Asia Open Short Speed Skating Jakarta yang digelar Pengurus Pusat Federasi Ice Skating Indonesia (PP FISI) di AEON Mall Jakarta Garden City, Jakarta Timur, Jumat (23/8).

Kompetisi mancanegara itu diikuti sebanyak 12 negara yaitu Malaysia, Mongolia, Jepang, Vietnam, Australia, Thailand, Filipina, China Taipei, Singapura, Hong Kong, dan India.

Ia mengapresiasi penyelenggaraan ajang tersebut sebagai bagian dari pembinaan dan menambah jam terbang atlet Indonesia dalam berkompetisi menghadapi atlet-atlet mancanegara.

Dito berharap PP FISI terus menggelar ajang-ajang yang bisa mengembangkan cabang short speed ice skating Indonesia dan bisa bersaing di kancah internasional.

Baca juga: KONI optimistis ice skating mampu lahirkan atlet ke kompetisi dunia

Sebelumnya, Ketua Umum PP FISI Suzan Herawati mengatakan, pihaknya sangat bersyukur karena cabang ice skating Indonesia untuk pertama kalinya akan dipertandingkan sebagai laga ekshibisi dalam ajang PON Aceh-Sumut 2024 pada September mendatang.

Pihaknya berkomitmen untuk menyukseskan ajang tersebut agar ke depan ice skating dapat digelar secara reguler seperti olahraga prestasi lainnya pada PON-PON selanjutnya.

Suzan mengatakan, setelah PON Aceh-Sumut, pihaknya mulai mempersiapkan atlet untuk menghadapi kejuaraan mancanegara seperti Asian Winter Games 2025 di Harbin, Cina dan SEA Games Thailand 2025.

"Mudah-mudahan dengan semua yang kami lakukan ini ke depan bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional," pungkasnya.

Baca juga: KONI Pusat lantik Suzan Herawati jadi Ketum PP FISI periode 2023-2027

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024