Solo (ANTARA) - Salah satu rumah sakit di Surakarta, Jawa Tengah, RS Indriati Solo Baru, berkolaborasi dengan GE HealthCare mulai mengimplementasikan teknologi kecerdasan buatan pada layanan magnetic resonance imaging (MRI).

Direktur RS Indriati Solo Baru William Tanoyo di Solo, Jawa Tengah, Jumat, mengatakan pemilihan teknologi kecerdasan buatan pada layanan MRI untuk membantu menegakkan diagnosa yang lebih akurat karena dapat menampilkan hasil gambar yang lebih jelas.

"Selain itu, teknologi ini dapat mengurangi lama pemeriksaan sebesar kurang lebih 50 persen, sehingga memberikan kenyamanan bagi pasien karena waktu pemeriksaan tidak lama di dalam mesin MRI," katanya.

Ia mengatakan MRI merupakan salah satu pemeriksaan penunjang yang dilakukan dengan menggunakan gelombang radio dan teknologi magnet.

"Pemeriksaan MRI dilakukan untuk mendapatkan hasil gambar organ tulang dan jaringan di dalam tubuh secara rinci dengan resolusi tinggi dan lebih mendalam. Pemeriksaan MRI merupakan alat diagnostik yang akurat untuk indikasi tertentu sebagai upaya untuk menegakkan diagnosis maupun intervensi," katanya.

Beberapa organ tubuh yang dapat diperiksa melalui MRI, di antaranya otak dan saraf tulang belakang, jantung dan pembuluh darah, serta tulang dan sendi.

Terkait teknologi tersebut, Kepala Instalasi Radiologi RS Indriati Solo Baru Yenny Christiana mengatakan MRI memiliki beberapa kelebihan dibandingkan metode pencitraan lain dalam mendeteksi penyakit.

Menurut dia, MRI dapat melihat lebih detail struktur-struktur jaringan lunak, saraf maupun bagian lain pada tubuh dan tidak menggunakan radiasi sinar -X dalam prosesnya yang memiliki beberapa kelemahan, seperti waktu pengerjaan yang memakan waktu lebih lama serta munculnya artefak saat pengambilan gambarnya.

"Oleh karena itu, saat ini pemeriksaan MRI di Indriati telah dilengkapi dengan adanya AI yang tersemat di dalamnya. Dengan menggunakan teknologi ini, pemindaian MRI menjadi lebih cepat, bahkan bisa mengurangi waktu pemindaian 40-60 persen dari MRI tanpa teknologi AI," katanya.

Selain itu, dikatakannya, artefak yang sering muncul dalam MRI bisa tereduksi bahkan tidak muncul lagi serta gambar yang dihasilkan terlihat lebih jelas.

"Teknologi ini menjadi langkah maju yang memungkinkan kami untuk mendapatkan gambar dengan kualitas lebih baik dalam waktu yang lebih singkat," katanya.

Imaging Sales Director GE HealthCare Indonesia Cokhy Fasha mengatakan perusahaan tersebut berkomitmen untuk menyediakan solusi terintegrasi, layanan kesehatan, dan analitik data yang dapat membantu meningkatkan efisiensi rumah sakit, produktivitas dokter, ketepatan pengobatan, dan memastikan kesehatan serta kenyamanan pasien.

"Selaras dengan program pemerintah untuk mengembangkan perawatan medis dengan teknologi, kami siap berkolaborasi dengan pemerintah dan rumah sakit untuk memperkuat layanan kesehatan di Indonesia," katanya.

Baca juga: Wamenkominfo ungkap pemanfaatan AI permudah negara beri layanan publik

Baca juga: Kemenko Marves optimistis inovasi AI dorong pertumbuhan ekonomi

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024