Kulon Progo (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional RI menyelenggarakan Roadsos Ikatan Penyuluhan Keluarga Berencana dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka percepatan penurunan stunting.

Kepala BKKBN RI Hasto di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat, mengatakan kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Ke-17 Ikatan Penyuluhan Keluarga Berencana (IPeKB) serta menyambut semangat Dirgahayu Ke-79 Republik Indonesia.

"Roadsos IPeKB diikuti oleh 775 orang menggunakan sepeda motor bagi PKB/PLKB," kata Hasto saat memberikan sambutan dalam pembukaan Roadsos IPeKB di Kulon Progo.

Ia mengatakan kendaraan tersebut merupakan armada yang dirancang sebagai alat untuk meningkatkan mobilitas dan daya jangkau dalam melaksanakan tugas sebagai petugas KB, yaitu KIE dan penggerakan kepada masyarakat di lini lapangan dengan pengadaan dan pemeliharaannya yang wajib dikelola oleh organisasi perangkat daerah KB.

Lebih lanjut Hasto mengatakan kegiatan Roadsos Motor Penyuluh KB “Ayo Cegah Stunting” ini dapat dijadikan media advokasi kepada kepala daerah dan kepala OPD KB lain yang belum melakukan penyediaan bantuan kendaraan sepeda motor bagi penyuluh KB melalui dana alokasi khusus.

Kegiatan Roadsos Motor Penyuluh KB “Ayo Cegah Stunting” menjadi penting untuk diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan daya ungkit pencapaian keberhasilan promosi Program Bangga Kencana, khususnya dalam menyosialisasikan Percepatan Penurunan Stunting.

"Kami berharap melalui kegiatan KIE momentum strategis serupa dengan konsisten dan masif, semakin banyak masyarakat 'terpapar' isu Bangga Kencana dan Pencegahan Stunting," katanya.

Lebih lanjut, Hasto memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh PKB/PLKB yang terlibat dalam kegiatan ini.

"Kami juga menyampaikan Selamat Ulang Tahun ke-17 Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB), semoga semakin sukses dan solid dalam melaksanakan tugas di lini lapangan untuk pencapaian program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting," katanya.

Sementara itu, Kepala BKKBN Jawa Barat Fazar Supriadi Sentosa mengatakan kegiatan Roadsos Motor Penyuluh KB “Ayo Cegah Stunting” menjadi penting untuk diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan daya ungkit pencapaian keberhasilan promosi Program Bangga Kencana dan menyosialisasikan program percepatan penurunan stunting.

Diharapkan melalui kegiatan KIE momentum strategis serupa dengan konsisten dan masif, semakin banyak masyarakat terpapar isu Bangga Kencana dan Pencegahan Stunting.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan pendayagunaan Motor PKB/PLKB serta menumbuhkan motivasi dalam melaksanakan tugas advokasi dan KIE Program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting," katanya.

Baca juga: BKKBN gandeng tokoh agama bina calon pengantin

Baca juga: BKKBN: Perempuan berhubungan seksual sebelum 20 tahun berisiko kanker

Pewarta: Sutarmi
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024