Jakarta (ANTARA) - Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 telah dibuka sejak 20 Agustus hingga 6 September mendatang. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadi salah satu instansi yang menawarkan berbagai posisi menarik dalam kesempatan ini.

Seleksi CPNS Kemendikbudristek 2024 diumumkan menyusul Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 293 Tahun 2024.

Penerimaan CPNS Kemendikbudristek 2024 bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di berbagai unit kerja Kemendikbudristek di seluruh Indonesia.


Formasi CPNS Kemendikbudristek 2024

Kemendikbudristek membuka sebanyak 15.462 formasi CPNS dan 25/079 formasi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) bagi lulusan SMA/SMK hingga S1.

Seleksi CPNS Kemendikbudristek 2024 sebagian besar untuk sumber daya manusia (SDM) di lingkungan perguruan tinggi, termasuk dosen.

Selain itu, berdasarkan Keputusan Menpan RB Nomor 11 Tahun 2024, Kemendikbudristek juga membuka formasi CPNS untuk mengisi jabatan pelaksana yang bisa didaftarkan oleh lulusan SMP, SMA, D3, dan D4 atau lulusan S1.

Berikut merupakan formasi CPNS Kemendikbudristek 2024:
  1. Juru Pelihara Cagar Budaya (SMP/Sederajat)
  2. Juru Pugar Cagar Budaya (SMP/Sederajat)
  3. Polisi Khusus Cagar Budaya (SMA/SMK/Sederajat)
  4. Penata Pameran (SMK Teknik Bangunan/Multimedia/Desain Grafis)
  5. Registar (D3 bidang Arkeologi Sastra Indonesia/Sejarah)
  6. Desainer Buku (D4/S1 bidang Desain Grafis)
  7. Ilustrator Buku (D4/S1 Desain Komunikasi Visual/Seni Rupa)
  8. Pengembangan Buku Elektronik (D4/S1 Teknologi Pendidikan/Desain Grafis/Sistem Komputer)
  9. Editor Buku (D4/S1 Ilmu Komunikasi/Bahasa/Sastra/Sosial Humaniora)
  10. Penyuluh Bahasa (D4/S1 Bahasa/Sastra)
  11. Konservator (D4/S1 Kimia/Fisika/Biologi/Arkeologi/Teknik Kimia/Teknik Arsitektur)
  12. Kurator (D4/S1 Arkeologi/Antropologi/Sejarah)
  13. Visual/Desain Produk (Sosiologi)
  14. Edukator (D4/S1 Sejarah/Ilmu Komunikasi/Pendidikan Sejarah)
  15. Perevitalisasi Bahasa dan Sastra (D4/S1 Bahasa/Sastra)
  16. Filologi (D4/S1 Filologi/Sastra Indonesia/Sastra Asing)
  17. Pengawas Hasil Penyensoran (D4/S1 Hukum Administrasi Negara/Teknologi Multimedia dan Broadcasting)

Link Pendaftaran

Pendaftaran seleksi CPNS Kemendikbudristek dilakukan secara daring melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) yang dapat diakses melalui https://sscasn.bkn.go.id.

Portal SSCASN menjadi pusat utama pendaftaran, sehingga calon pelamar harus memastikan semua berkas dan persyaratan yang dibutuhkan, lalu diunggah melalui situs tersebut.


Tahapan Seleksi

Proses seleksi CPNS Kemendikbudristek 2024 terdiri dari beberapa tahapan penting yang harus dilalui oleh pelamar. Berikut adalah tahapan seleksi yang akan dilaksanakan:
  1. Pendaftaran: Pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)/ Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) mulai tanggal 20 Agustus 2024 sampai dengan 6 September 2024 pukul 23:59 WIB. Pelamar wajib menggunakan meterai elektronik (e-Meterai)
  2. Seleksi Administrasi: Verifikasi berkas dan persyaratan yang diunggah pelamar melalui portal SSCASN. Pelamar yang dinyatakan lolos pada tahap ini akan diumumkan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
  3. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Ujian ini menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan materi yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
  4. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB): Tes lanjutan yang menilai kemampuan dan keahlian sesuai dengan jabatan yang dilamar. SKB juga akan dilakukan dengan CAT dan tambahan tes praktik atau wawancara sesuai kebutuhan.
  5. Pengumuman Kelulusan: Hasil akhir seleksi akan diumumkan setelah penilaian keseluruhan dari SKD dan SKB dengan sistem ranking. Pelamar yang lulus akan diproses untuk penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Penempatan

Bagi pelamar yang berhasil lulus, penempatan disesuaikan dengan kebutuhan unit kerja Kemendikbudristek.

Sebagai instansi pemerintah dengan jaringan luas, penempatan pegawai baru bisa dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, bahkan penugasan luar negeri jika dibutuhkan. Hal ini sesuai dengan prinsip bahwa setiap PNS harus siap ditempatkan di mana saja dalam rangka pelayanan publik.


Informasi lebih rinci mengenai unit kerja penempatan dapat diakses melalui laman SSCASN (https://sscasn.bkn.go.id/).

Pembukaan seleksi CPNS Kemendikbudristek 2024 ini menjadi kesempatan besar bagi Warga Negara Indonesia yang ingin mengabdikan diri sebagai aparatur sipil negara.

Proses seleksi yang terbuka, transparan, dan berbasis meritokrasi memberikan peluang yang adil bagi setiap pelamar. Dengan persiapan yang matang dan pemahaman yang baik terhadap tahapan seleksi, peluang untuk menjadi bagian dari Kemendikbudristek semakin terbuka lebar.

Baca juga: CPNS KemenPPPA 2024 dibuka, segera daftar untuk 74 formasi
Baca juga: Daftar formasi dan link daftar CPNS di Kemenpora

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024