Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) perlu ditingkatkan untuk mewujudkan program tiga juta rumah presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Jadi saya kira dengan program 3 juta rumah ini, Insya Allah berarti FLPP-nya harus lebih dibesarkan, ditambah untuk bisa (mencapai) 3 juta rumah. Kalau 3 juta rumah lebih bagus lagi," ujar Basuki di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan, Program Sejuta Rumah Presiden RI Joko Widodo sudah mencapai 9,2 juta hunian selama periode 2015 hingga 2023 .

Menurut Basuki, peningkatan FLPP merupakan hal penting dalam rangka mencapai program 3 juta rumah.

FLPP sendiri merupakan salah satu program di sektor perumahan yang memungkinkan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk dapat memiliki rumah dengan bunga yang lebih ringan, yaitu 5 persen fixed rate selama tenor berjalan.

"Kalau Presiden terpilih Pak Prabowo untuk membangun 3 juta rumah, berarti dengan FLPP yang ditingkatkan (double) saya kira lebih cepat," katanya.

Sebagai informasi, presiden terpilih Prabowo Subianto berjanji akan membangun sebanyak tiga juta rumah yaitu masing-masing satu juta rumah di pedesaan, perkotaan, hingga daerah pesisir.

Janji pembangunan rumah itu termasuk ke dalam salah satu rencana besar yang dia usung bersama wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, yang diberi nama Strategi Transformasi Bangsa.

Strategi Transformasi Bangsa bertujuan meningkatkan kemakmuran bangsa dan memperbaiki kualitas hidup manusia Indonesia. Pemberian makan bergizi untuk seluruh anak-anak Indonesia, juga termasuk dalam strategi itu.

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat capaian Program Sejuta Rumah (PSR) terus mengalami peningkatan. Tercatat capaian PSR hingga akhir Juli 2024 saat ini telah menembus angka 617.622 unit atau sekitar 59.23 persen dari total target nasional.

PSR merupakan gerakan percepatan dan kolaborasi antara pemerintah dengan para pelaku pembangunan perumahan dalam menyediakan hunian yang layak bagi masyarakat.

Program pembangunan perumahan tersebut yang telah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 29 April 2015 lalu di Jawa Tengah dengan capaian dari tahun 2015 hingga 2023 sebesar 9.206.379 unit.

Baca juga: Menteri PUPR: Kuota FLPP akan ditambah pada September tahun ini
Baca juga: Menteri PUPR: Kuota FLPP 2025 sesuaikan program Presiden Terpilih
Baca juga: BP Tapera: Dana FLPP telah disalurkan ke 1,47 juta penerima manfaat

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024