Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan persiapan yang singkat menjadi tantangan saat menghadapi Arab Saudi pada pertandingan perdana putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion King Abdullah Sport City, Jeddah, pada 6 September pukul 01.00 WIB.

Shin menilai skuad Garuda mempunyai persiapan  singkat karena mayoritas pemain tengah membela klubnya masing-masing di luar negeri. 

Mantan pelatih Korea Selatan itu membandingkan Arab Saudi yang mayoritas pemainnya bermain di liga lokal sehingga lebih mudah untuk dikumpulkan.

"Sebenarnya tantangan yang paling besar ya persiapannya sangat singkat," kata Shin kepada pewarta di Jakarta pada Jumat.

Baca juga: Shin Tae-yong tidak menjamin waktu bermain untuk Maarten Paes

"Mungkin untuk pemain-pemain Arab Saudi tidak ada pemain yang bermain di luar negeri, jadi mereka bisa saja kapan pun kumpul dan bisa latihan. Lalu sudah adaptasi duluan, mungkin masalah kami di waktu dan cuaca," imbuh Shin.

Pelatih berusia 53 tahun tersebut tengah mempersiapkan skuad untuk membela Merah Putih dalam  putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Dari sejumlah nama yang menjadi langganan skuad Garuda, Jordi Amat dan Justin Hubner dipastikan absen.

Shin memastikan Jordi tak masuk skuad setelah cedera saat membela klubnya Johor Darul Takzim.

Baca juga: Shin Tae-yong pastikan tak panggil Jordi Amat dan Elkan Baggot

Mantan pemain bertahan Espanyol tersebut akan menepi selama satu bulan untuk pemulihan cedera.

Sedangkan Justin Hubner tidak dapat membela Indonesia dalam laga pembuka karena terkenan hukuman larangan bermain akibat kumulasi kartu kuning.

Sejumlah pemain dipastikan masuk timnas Indonesia, termasuk Ernando Ari dan Pratama Arhan.

Shin juga tengah memantau sejumlah pemain Liga 1 Indonesia.

Baca juga: Shin Tae-yong tetap panggil Pratama Arhan

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024