Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) Nonpetikemas telah menyelesaikan berbagai program yang mendukung pembangunan berkelanjutan seperti PTP Peduli Lingkungan, PTP Peduli Ekonomi dan PTP Peduli Sosial sepanjang kuartal II-2024.

SM Sekretaris Perusahaan PTP Nonpetikemas Fiona Sari Utami menyampaikan bahwa program-program tersebut merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

"Program-program ini, yang termasuk dalam PTP Peduli Lingkungan, PTP Peduli Ekonomi, dan PTP Peduli Sosial, tidak hanya memenuhi rencana kerja perusahaan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan keterlibatan aktif karyawan dalam kegiatan TJSL serta kolaborasi dengan pihak lain," ujar Fiona melalui keterangan di Jakarta, Jumat.

Program TJSL PTP Nonpetikemas dirancang sebagai program berkelanjutan di mana pada pertengahan 2023, diluncurkan juga UMKM Akademi yang memberikan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan untuk membantu pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar area operasi perusahaan.

Program ini berkontribusi pada beberapa pilar SDGs, termasuk No Poverty, Zero Hunger, Good Health and Well-being, Quality Education, Decent Work and Economic Growth, dan Partnerships for the Goals.

Fase pertama program ini berhasil memberikan dampak sosial return on investment (SRoI) sebesar 4,01 pada akhir 2023 dan memasuki fase kedua dengan program yang lebih maju pada pertengahan 2024.

Di bidang lingkungan, sejak triwulan keempat 2023, PTP Nonpetikemas berinovasi melalui program Greenport di Pelabuhan Tanjung Priok, bekerja sama dengan TJSL Holding Pelindo, Pelindo Group Regional 2, BUMN Muda Pelindo, dan Communitree.

Hingga kuartal II 2024, program ini terus berlanjut dengan kontribusi Communitree dalam penghijauan area Pelabuhan Tanjung Priok, termasuk Terminal Operasi 1, Terminal 2, dan Terminal 3.

"Inisiatif ini bertujuan untuk menjaga lingkungan pelabuhan dengan mengurangi jejak karbon, meningkatkan kualitas udara, dan menciptakan iklim lokal yang lebih baik," kata Fiona.

Pada program PTP Peduli Sosial, dilaksanakan melalui beberapa kegiatan tahunan rutin, seperti Mudik Bersama Pelindo Group, pemberian sembako gratis, santunan anak yatim, qurban bersama PTP, penyuluhan tentang pencegahan stunting bekerja sama dengan mahasiswa, dan perbaikan sarana prasarana pendidikan.

Seluruh program TJSL PTP Nonpetikemas disesuaikan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Perusahaan berkomitmen untuk menuju keberlanjutan berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) yang terintegrasi dalam setiap aspek operasionalnya.

Baca juga: Menhub minta eksportir lakukan aktifitas dari Tj Priok-Patimban
Baca juga: ALFI-GINSI harap adanya perbaikan sistem pengawasan di Pelabuhan Priok
Baca juga: IPC latih generasi muda di Tanjung Priok agar punya kompetensi

 

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024