Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) terus berupaya meningkatkan kualitas produk Usaha Kecil Menengah (UKM) salah satunya dengan program sertifikasi halal.


Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya, Samsul Rizal di Palangka Raya, Jumat, mengatakan,  pemerintah melalui instansi terkait selalu bergerak untuk meningkatkan kualitas salah satunya dengan cara sosialisasi sertifikasi halal bagi UMKM yang ada di daerah itu.

"Setidaknya apabila pelaku UMKM di Palangka Raya mengantongi sertifikasi halal, maka masyarakat juga nyaman untuk membeli produk tersebut karena pasti halal dan higienis serta aman untuk dikonsumsi," kata Samsul Rizal.

Dia juga menuturkan, selain pelaku UMKM pihaknya juga terus mengembangkan pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis masjid yang merupakan upaya mengoptimalkan peran masjid dalam pengembangan ekonomi masyarakat.

Bahkan perbedaan ekonomi berbasis masjid, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Masjid mempunyai peranan yang strategis dalam mencapai kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi umat, karena merupakan pusat kegiatan sosial dan keagamaan masyarakat.

"Masjid dipandang sebagai tempat strategis untuk pembangunan dan pemberdayaan umat, salah satunya dalam sektor ekonomi. Masjid kita harapkan bisa menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pencapaian kesejahteraan umat," bebernya.

Dia juga menambahkan, Pemerintah Kota Palangka Raya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan seperti ini sebagai wadah perjuangan dalam memberdayakan masjid untuk kesejahteraan umat dan bangsa.

"Apalagi dalam rangka meningkatkan kualitas produk UMKM serta mendukung percepatan sertifikasi halal bagi UKM," ucapnya.

Sebelum mengakhiri perbincangannya dengan awak media, ia berharap kualitas produk UMKM di Palangka Raya juga dapat bersaing dengan produk-produk di daerah lain baik secara produksi maupun kemasan yang dijual ke masyarakat luas.

"Insya Allah produk-produk di daerah kita terus meningkat dengan berbagai upaya yang selama ini telah dilakukan DPKUKMP kota Palangka Raya," demikian Samsul Rizal.

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024