Medan (ANTARA) -
Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution menuntaskan pembangunan Jembatan Titi Dua Sicanang di Belawan yang sempat empat kali gagal sejak 2017-2021.
 
Pembangunan satu-satunya akses darat menjadi penghubung dua kelurahan, yakni Belawan Sicanang dan Belawan Bahari di Kecamatan Medan Belawan ini ambruk pada Selasa, 7 November 2017.
 
Data Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kota Medan, Jumat, menyebutkan, peresmian Jembatan Titi Dua di Belawan Sicanang dilakukan oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution pada 29 Desember 2022.
 
Adapun kegagalan pembangunan jembatan ini akibat kondisi alam dan waktu masa kontrak yang tidak memungkinkan. Data menunjukkan, hasil perubahan desain Contract Change Order (CCO) pekerjaan tahun anggaran 2020 tidak terdapat perhitungan struktur jembatan.
 
Selain itu, hasil calendaring pemancangan tiang serta PDA test yang dilakukan, sehingga konsultan supervisi menyakini abutmen yang terpasang dua unit dengan jarak bentang 60 meter mampu menahan pembebanan jembatan BM 100.
   
Wali Kota Medan Bobby Nasution yang menghadiri syukuran Jembatan Titi Dua Sicanang pada akhir Desember 2022 mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas keberhasilan pembangunan jembatan ini.
 
"Alhamdulillah, pembangunan Jembatan Titi Dua Sicanang ini telah selesai. Keberadaan jembatan ini sangat vital, sebab merupakan satu-satunya akses yang dapat menghubungkan Belawan Sicanang dan Belawan Bahari," kata dia.
 
Pihaknya mengatakan berkat dukungan semua, pembangunan Jembatan Titi Dua Sicanang tersebut bisa selesai dan masyarakat dapat menggunakan dengan tenang dan nyaman.
 
Bobby berharap jembatan ini bisa dijaga dengan sebaik-baiknya. "Jika kita jaga bersama, Insya Allah jembatan ini bisa bertahan lama," ucap Bobby.
 
Wali kota juga mengaku, Jembatan Titi Dua Sicanang ini juga bisa meningkatkan sektor wisata mangrove yang terdapat di kawasan tersebut.
 
Bobby menyebutkan, bahwa dengan akses jembatan yang sudah baik tentu bisa meningkatkan kunjungan wisata ke hutan mangrove itu.
 
"Dengan selesainya pembangunan jembatan ini, kita berharap pengunjung yang datang pun semakin bertambah, sehingga meningkatkan kesejahteraan warga," ucap Bobby.
   
Siti Rahmah, warga Belawan Sicanang sangat bersyukur kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution yang telah menyelesaikan pembangunan Jembatan Titi Dua Sicanang ini.
 
"Kami sangat berterima kasih sekali kepada bapak Wali Kota Medan atas atensi dan kepeduliannya terhadap masyarakat Kelurahan Belawan Sicanang. Harapan masyarakat sejak lama kini sudah terkabul. Masyarakat sangat menantikan jembatan ini selesai dibangun," ungkapnya.
 
Menurutnya, selesainya pembangunan jembatan ini secara tidak langsung membantu kehidupan perekonomian masyarakat setempat.
 
"Jembatan ini menjadi satu-satunya akses untuk keluar masuk masyarakat dan penghubung antara Kelurahan Belawan Sicanang dengan daerah luar," ujar Siti.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024