Jakarta (ANTARA) - Samsung Galaxy Gaming Academy (SGGA) kembali digelar, untuk perhelatan di tahun ini ekspansi mekanisme penjaringan talenta gamers di Indonesia semakin diperluas dengan dihadirkannya roadshow di dua kota besar yakni Bandung dan Jakarta.

Melalui SGGA 2024 diharapkan bisa ditemukan kembali pemain gim yang berpotensi untuk dilatih secara profesional menjadi atlet e-sport asli Indonesia.

"Tujuan utama kami adalah menciptakan awesome experience, pengalaman yang luar biasa, untuk para gamers muda di Indonesia. Jadi selain mempersiapkan device, kami juga ingin memberikan wadah dan secara konsisten mendukung terus minat dari anak-anak masa kini untuk menjadi pro-player," kata Head of Marketing Moblie eXperience (MX) Samsung Electronics Indonesia Andi Airin di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Samsung Galaxy Gaming Academy telurkan talenta baru esports Indonesia

Samsung kembali menggandeng jaringan multikanal penyedia konten hiburan dan game, KINCIR, sebagai mitra untuk melaksanakan SGGA untuk tahun ini.

Direktur KINCIR Rangga Danu Prasetyo mengatakan akan diadakan dua mekanisme penjaringan peserta SGGA 2024 yang pertama secara daring melalui situs website samsunggalaxygamingacademy.com dan yang kedua melalui roadshow di dua kota besar Bandung dan Jakarta.

Untuk gim yang dipertandingkan, SGGA 2024 kembali memilih gim "Mobile Legend:Bang Bang" (MLBB) karena permainan ini dinilai masih menjadi gim populer di kalangan gamers Indonesia dan meski banyak gim-gim baru bermunculan, MLBB tetap menunjukkan konsistensi untuk menumbuhkan industri e-sport di Indonesia.

Baca juga: Tim GRD nantikan persaingan di Piala Presiden Esports 2023

Rencananya untuk pendaftaran daring, turnamen ini akan menjaring sebanyak 128 tim yang akan menjalani rangkaian kualifikasi terbuka hingga nantinya ditemukan enam tim terbaik untuk melaju ke babak lanjutan.

Sementara untuk mekanisme pendaftaran roadshow, diharapkan bisa terbentuk satu tim dari masing-masing kota yang artinya akan ada dua tim yang maju ke babak lanjutan.

Babak lanjutan yang dimaksud merupakan sesi Coaching Clinic yang dibina oleh Galaxy Coach dimaksudkan untuk mengasah kemampuan mekanik dan juga soft skill para peserta.

Baca juga: Pelatih: Kesiapan mental penting bagi pemain kasual naik ke kelas pro

Setelah Coaching Clinic selesai, delapan tim itu akan menjalani babak Playoff menggunakan dua ponsel andalan Samsung yaitu Galaxy A35 5G dan Galaxy A55 5G untuk menentukan peserta terbaik yang akan menyabet predikat sebagai juara Samsung Galaxy Gaming Academy.

Pemenang juga dipastikan bakal mendapatkan kontrak eksklusif sebagai Team Galaxy dan bakal mendapatkan pelatihan yang lebih intensif lewat program khusus dari Galaxy Coach yakni Bjorn "Zeys" Ongs dan Ryan "KB" Batistuta untuk berlaga di turnamen tingkat nasional.

Baca juga: Pro player Mobile Legends bagikan tips untuk naik level

"Pelatihan ini berupa bootcamp dengan pelatihan dari Zeys dan KB untuk nantinya pemenang disiapkan masuk ke Piala Presiden e-sport 2024. Kami melihat dan menyiapkan bootcamp kali ini menjadi lebih intens agar Team Galaxy bisa lebih memiliki persiapan dari tahun sebelumnya," kata Rangga.

Pendaftaran secara daring untuk SGGA 2024 sudah dibuka mulai hari ini 23 Agustus hingga 12 September 2024.

Sementara untuk kualifikasi roadshow akan berlangsung pada 31 Agustus 2024 di Sentinel Cyber Arena, Jakarta dan 7 September di Point Arena Gaming House, Bandung.

Baca juga: Samsung cari bakat gamers melalui Galaxy Gaming Academy

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024