Jakarta (ANTARA) - KAI Logistik bersama Gobel Group dan anak perusahaannya PT Panasonic Gobel Indonesia dan PT Gotrans Logistics International meneken nota kesepahaman meresmikan kerja sama multipihak di Indonesia yang mendukung green logistic nasional di Terminal Barang Sungai Lagoa, Tanjung Priok Jakarta, Senin (19/08).

Pada kemitraan multipihak ini, PT Panasonic Gobel Indonesia melakukan pengalihan moda transportasi pengiriman barang yang dikelola oleh PT Gotrans Logistics International dari truk ke kereta api, bekerja sama oleh KAI Logistik pada rute Jakarta-Surabaya yang berpotensi mengurangi emisi karbon.

"Moda kereta Api (KA) dalam industri logistik memainkan peranan yang sangat besar dalam rangka mewujudkan green logistic. Pada satu rangkaian Kereta Api Container mampu mengangkut 30 gerbong datar atau setara dengan 60 truk berkapasitas 20 ton. Sehingga dengan pengalihan moda jalan ke kereta api, mampu menjadi wujud nyata dalam mengurangi emisi karbon dan menjadi solusi transportasi yang lebih ramah lingkungan," kata Direktur Utama KAI Logistik Fredi Firmansyah dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat.

Baca juga: Menhub tekankan peningkatan layanan logistik transportasi laut

Selain berkontribusi pada aspek keberlanjutan lingkungan, menurut Fredi moda KA juga meningkatkan faktor keselamatan dan keamanan serta berkontribusi pada pemeliharaan/ 'lifetime' infrastruktur jalan yang lebih optimal dengan menekan potensi beban jalan yang berlebih.

Kemitraan multipihak ini turut berkontribusi dalam akselerasi implementasi ekonomi hijau guna mendukung Visi Indonesia Emas 2045. Langkah ini juga sejalan dengan target jangka panjang Panasonic Global untuk mencapai pengurangan 300 juta ton emisi CO2 hingga tahun 2050.

“Kemitraan multipihak yang mendukung green logistic di Indonesia ini menjadi wujud aspirasi kami untuk menyediakan ukuran seberapa baik dalam memenuhi kewajiban kami terhadap konsumen, melalui berbagai produk dan layanan," ungkap President Director & Group CEO Gobel Group, Hiramsyah S. Thaib.

Baca juga: DAMRI hubungkan Bandara Sentani ke Kota Jayapura

Penandatangan nota kesepahaman dilakukan oleh Fredi Firmansyah selaku Direktur Utama KAI Logistik, Hiramsyah S. Thaib sebagai President Director & Group CEO Gobel Group, Heru Santoso selaku Vice President Director PT Panasonic Gobel Indonesia dan Arif Gobel sebagai Direktur PT Gotrans Logistics International.

Seiring dengan meningkatnya volume perdagangan dan permintaan logistik, tantangan lingkungan yang dihadapi sektor logistik menjadi semakin mendesak, di mana bertanggung jawab atas sekitar 27 persen dari total emisi karbon yang dihasilkan dari aktivitas operasionalnya dan 90 persen dari total emisi karbon tersebut berasal dari subsektor transportasi darat.

Menanggapi hal tersebut, kemitraan multipihak yang mendukung 'green logistic' nasional di Indonesia ini menawarkan solusi dalam mengatasi upaya mengurangi emisi karbon di sektor logistik, khususnya layanan pengiriman barang.

Dengan melakukan pengalihan moda transportasi dari truk ke kereta api, dapat mengurangi emisi karbon hingga 70 persen sehingga dinilai merupakan langkah yang tepat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Baca juga: Menhub minta peningkatan kolaborasi layanan angkutan laut-logistik

Baca juga: Kementerian BUMN: Perlunya integrasi subsidi antar moda angkutan

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024