Warsawa (ANTARA) - Perdana Menteri India Narendra Modi berjanji membantu mengakhiri perang di Ukraina saat bertemu Perdana Menteri Polandia Donald Tusk di Warsawa, Kamis (22/8).

Kunjungan Modi ke Warsawa itu merupakan lawatan pertama PM India ke Polandia dalam 45 tahun terakhir. Kunjungan tersebut juga menandai peringatan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

“Perdana Menteri India telah mengonfirmasi kesiapannya untuk terlibat secara pribadi dalam upaya mengakhiri perang di Ukraina secara damai, adil, dan cepat. Kami berdua yakin bahwa India dapat memainkan peran yang sangat serius dan positif di sini,” kata Tusk setelah pertemuan tersebut.

Dari Warsawa, Modi pada Jumat bertolak ke Kyiv untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Itu akan menjadi kunjungan pertama perdana menteri India ke Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan, kantor Modi menekankan bahwa ia sedang menunggu kesempatan untuk melanjutkan pembicaraan sebelumnya dengan Zelenskyy guna memperkuat kerja sama bilateral dan berbagi perspektif tentang penyelesaian konflik di Ukraina secara damai.

Pertemuan tersebut terjadi beberapa pekan setelah pembicaraan Modi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

Polandia tidak mempunyai hubungan politik dan ekonomi signifikan dengan India. Namun, pertemuan di Warsawa mungkin menjadi peluang untuk mengubah status quo dan mengangkat isu-isu ekonomi. Misalnya saja perjanjian perdagangan bebas yang saat ini sedang dinegosiasikan antara Uni Eropa dan India.

Sumber : Anadolu

Baca juga: Rusia sebut serangan Ukraina ke Kursk akhiri potensi perundingan damai
Baca juga: Berkomitmen bantu Kiev, Amsterdam kirim F-16 perkuat pertahanan udara

 

Penerjemah: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024