Medan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum(KPU) Provinsi Sumatera Utara(Sumut) menunjuk Rumah Sakit (RS) Adam Malik, Kota Medan sebagai tempat pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon pasangan Gubernur Sumatera Utara dan Wakil Gubernur provinsi setempat.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumut Raja Ahab Damanik mengatakan pemilihan rumah sakit itu berdasarkan rapat pleno, dan sebelumnya telah dilakukan survei terlebih dahulu.

"Ada tiga rumah sakit yang direkomendasi Dinas Kesehatan untuk tempat pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah. Ke tiga rumah sakit tersebut sudah kita lakukan survei dan dibawa ke dalam rapat pleno. Dan hasilnya Rumah Sakit Adam Malik kita tunjuk," ujar Raja Ahab Damanik usai sosialisasi tahapan pencalonan pada pemilihan Gubernur dan Wali Gubernur dan Bupati dan Wali Kota, di Medan, Jumat.

Dia menjelaskan Rumah Sakit Adam Malik yang berstatus rumah sakit umum kelas A di wilayah ini menjadi salah satu pertimbangan ditunjuk-nya menjadi tempat pemeriksaan kesehatan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut.

"Rumah Sakit Adam Malik juga telah berpengalaman menjadi rumah sakit tempat pemeriksaan kepala daerah di Sumut," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, pelayanan yang baik, tempat yang bersih dan akses yang mudah juga merupakan indikator ditunjuk-nya Rumah Sakit Adam Malik dalam tahapan pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah.

"Pemilihan Rumah Sakit Adam Malik berdasarkan rapat pleno yang telah kita laksanakan beberapa pekan lalu," jelas dia.

Dalam pelaksanaannya, pihaknya akan menjadwalkan pemeriksaan kesehatan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara pada tanggal 27-Agustus hingga 2 September 2024.

"Jika bakal pasangan calon telah melakukan pendaftaran dan dinyatakan memenuhi syarat. Kami KPU Provinsi Sumut akan mengasih surat pengantar untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke rumah sakit yang diunjuk," ujar dia.

Di sisi lain, KPU Sumut terus menggencarkan sosialisasi tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara pada Pilkada 2024 dengan menggandeng seluruh elemen masyarakat di wilayah ini.

KPU Sumut juga telah menetapkan daftar pemilih sementara untuk Pemilihan Kepala Daerah 2024 di provinsi itu sebanyak 10.813.825 orang terdiri dari 5.324.444 laki laki dan 5.489.381 perempuan.

Jumlah pemilih DPS secara keseluruhan sebanyak 10.813.825 orang yang tersebar 33 kabupaten/kota se-Sumut.
Baca juga: RSUP Adam Malik kerja sama operasi jantung dengan Arab Saudi
Baca juga: KPU Sumut luncurkan maskot "Si Mamo" guna jaga kelestarian harimau
Baca juga: KPU Sumut lakukan pemetaan TPS Pilkada 2024

 

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024