Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor satu dunia Jannik Sinner berada di sisi undian yang sama dengan mantan juara Carlos Alcaraz dan Daniil Medvedev untuk US Open pekan depan, dan akan memulai turnamen Grand Slam tersebut dengan menghadapi petenis Amerika Mackenzie McDonald.

Unggulan kedua dan juara bertahan Novak Djokovic, yang mengalahkan Medvedev di final US Open tahun lalu, berada di sisi undian yang sama dengan petenis Jerman Alexander Zverev.

Hasil undian yang dirilis Kamis (22/8) waktu setempat dan disiarkan AFP, Jumat, meningkatkan kemungkinan pertandingan semifinal antara Sinner dan Alcaraz seperti pada 2022 yang berlangsung selama lima jam 15 menit dan berakhir pukul 02.50 dini hari.

Petenis Spanyol Alcaraz memenangi pertarungan itu dan kemudian meraih gelar US Open pertamanya.

Namun, untuk mencapai pertandingan ulang dengan Alcaraz, Sinner mungkin harus melewati juara 2021 Medvedev di perempat final.

Baca juga: Sinner bebas dari tuduhan doping

Sinner menuju ke New York dengan di bayang-bayangi kabar bahwa ia bebas dari tuduhan setelah dua kali dinyatakan positif menggunakan zat terlarang pada awal musim.

Petenis berusia 23 tahun itu menjelaskan bahwa bahan tersebut berasal dari semprotan berisi clostebol yang digunakan oleh salah satu stafnya untuk mengobati jari yang terluka.

Badan Integritas Tenis Internasional (ITIA) menerima penjelasan tersebut dan mengatakan "kehadiran zat tersebut tidak disengaja."

Petenis Chile Nicolas Jarry, unggulan ke-26, menjadi lawan pertama dari unggulan yang bisa dihadapi Sinner. Jarry memenangi satu-satunya pertemuan mereka pada 2019 di 's-Hertogenbosch.

Baca juga: Djokovic targetkan rekor Grand Slam di US Open

Sementara itu, Djokovic akan memulai perjalanannya di New York dengan melawan petenis kualifikasi, dan kemudian melawan sesama petenis Serbia Laslo Djere atau petenis Jerman Jan-Lennard Struff.

Djokovic, juara US Open empat kali, berupaya meraih rekor gelar Grand Slam ke-25.

Semifinalis US Open tahun lalu, Ben Shelton, akan memulai upayanya melawan juara 2020 Dominic Thiem yang menjalani tahun terakhirnya dalam tur sebelum pensiun.

Di sektor putri, peringkat dua dunia Aryna Sabalenka dan juara bertahan Coco Gauff berada di sisi undian yang sama dan berpeluang bertemu di semifinal.

Sementara di sisi lain undian, calon lawan peringkat tertinggi dunia dan juara 2022 Iga Swiatek pada semifinal adalah peringkat keempat Elena Rybakina.

Baca juga: Naomi Osaka curhat kegelisahan dalam tenis usai kalah di Cincinnati

Pertandingan yang dinanti pada babak pembuka akan mempertemukan juara Grand Slam empat kali Naomi Osaka, pemenang di Flushing Meadows pada 2018 dan 2020, menghadapi unggulan sepuluh dan juara French Open 2017 Jelena Ostapenko.

Pertarungan tersebut akan menjadi yang pertama bagi Osaka di US Open sejak menjadi seorang ibu.

Unggulan kelima dari Italia Jasmine Paolini, runner-up French Open dan Wimbledon tahun ini, akan menghadapi juara 2019 Bianca Andreescu dari Kanada.

Unggulan keenam Jessica Pegula, yang baru saja melaju ke final di Cincinnati dan meraih gelar di Toronto, berada di undian yang sama dengan Swiatek.

Pegula akan memulai langkahnya di US Open dengan melawan rekan senegaranya Shelby Rogers dan jika dia lolos, dia akan menghadapi mantan juara Grand Slam di babak kedua -- Emma Raducanu, juara US Open 2021, atau Sofia Kenin, juara Australian Open 2020.

Baca juga: Mantan finalis Ons Jabeur mundur dari US Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024